PENERAPAN TATA TERTIB SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SDIT AR-RISALAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

NURFADILAH, MARDIANA NURUL and SUYATMAN, SUYATMAN (2018) PENERAPAN TATA TERTIB SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SDIT AR-RISALAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
PDF FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

xii Nurfadilah, Mardiana Nurul, (14.31.4.1.069). Penerapan Tata Tertib Siswa Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SDIT Ar-Risalah Surakarta Tahun Ajaran 2017/2017, Skripsi: Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Suyatman, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Tata Tertib Siswa, Meningkatkan, Kedisiplinan Siswa Disiplin merupakan perilaku taat dan patuh siswa terhadap aturan yang berlaku, dimana kepatuhan tersebut lebih ditekankan pada kesadaran diri bukan karena paksaan. Seperti halnya penerapan kedisiplinan yang terjadi di SDIT Ar-Risalah Surakarta, meski sudah dibuatkan tata tertib dan sudah dilaksanakan dengan cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan kembali. Karena dalam beberapa aspek masih ada beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan tata tertib siswa untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SDIT Ar-Risalah Surakarta tahun ajaran 2017/2018, 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan tata tertib siswa untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SDIT Ar-Risalah Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitataif dengan jenis penelitian metode diskriptif (studi kasus). Dengan subyek penelitian yakni guru BK, dan guru kelas SDIT Ar-Risalah Surakarta. Sedang sebagai informan yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan siswa SDIT Ar-Risalah Suarakata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: Dalam penerapan tata tertib di SDIT Ar- Risalah yang dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen sekolah, pensosialisasian yang rutin, serta saksi mendidik bagi siswa atau siswi pelanggar mampu membuat siswa di SDIT Ar-Risalah menjadi lebih disiplin. Bagi siswanya yang terlambat SDIT Ar-Risalah mewajibkan siswanya untuk meminta surat izin pada guru piket, dalam pelanggaran berseragam serta siswa yang masih keluar masuk ketika KBM, mula-mula siswa akan diberi teguran, apabila berulang maka pihak sekolah akan mengambil tindakan lainnya. Dalam perencanaan tata tertib siswa di SDIT Ar-Risalah Surakarta membaginya menjadi 2, yakni: Perencanaan tata tertib siswa secara umum, dan perencanaan tata tertib siswa ketika dikelas. Tata tertib siswa di SDIT Ar- Risalah terdiri dari: Kewajiban siswa, Hak siswa, Larangan, dan sanksi. Evaluasi dilakukan melalui 3 kegiatan: Workshop, Paguyuban, dan pertemuan satu bulan sekali yang melibatkan guru dan kesiswaan. Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan tata tertib siswa yaitu: a) Kurangnya konsistensi guru dalam menegakkan tata tertib siswa, b) Karakter siswa, c) Kurangnya koordinasi, d) kurangnya waktu untuk pendampingan e) Kurangnya dukungan dan partisipasi dari orang tua f) jarak rumah siswa yang jauh

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:09
Last Modified: 26 Dec 2018 01:09
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item View Item