PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI NEGERI BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RAHMAWATI, KURNIA PUTRI and SUYATMAN, SUYATMAN (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI NEGERI BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAL.DEPAN + I-V FULLTEXT PDF.pdf

Download (998kB) | Preview

Abstract

Kurnia Putri Rahmawati. 2018.Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Negeri BakiSukoharjoTahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Surakarta:FakultasIlmuTarbiyahdanKeguruan, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.Pembimbing: Suyatman, S.Pd.,M.Pd.Kata Kunci: Persepsi Siswa, Peran Orang Tua,Motivasi Belajar Matematika Siswa.Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya motivasi belajar matematika siswa. Hal tersebut diakibatkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Orangtua merupakan motivator belajar yang penting bagi anak usia sekolah dasar, sebab keluarga adalah pendidik pertama dari pengalaman anak-anak. Penelitian inibertujuan untuk untuk :1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang peran ayah 2)mengetahui persepsi siswa tentang peran ibu 3) mengetahui gambaran motivasi belajar matematika siswa. 4) mengetahuipengaruh persepsi siswa tentang peran orang tua terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV MI Negeri Baki Sukoharjo.Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Tempat penelitian di MI Negeri Baki Sukoharjo. Waktu penelitian bulan Desember 2017 sampai dengan bulanJuni 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Negeri BakiSukoharjo sebanyak 105 siswa, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 84 siswa yang dicari dengan teknik sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode tes, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 16 yang terdiri dari analisi unit dan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas Kolmogorov-smirnov, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji anova dua arah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang peran ayah termasuk pada kategori panutan 87%, fasilitator 85%, cermin utama 83% dan motivator 77%2) Persepsi siswa tentang peran ibu termasuk pada kategori cermin utama 89% fasilitator 88%, panutan 81% dan motivator 80% 3) Motivasi belajar matematika siswa dalam kategori sedang hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa sebanyak 58 siswa dengan rata-rata 83,00 4) a. Motivasi belajar matematika siswa pada kategori peran ayah sebagai panutan lebih tinggi dari kategori peran ayah sebagai fasilitator. Motivasi belajar matematika siswa pada kategori peran ayah sebagai fasilitator lebih tinggi dari kategori peran ayah sebagai cermin utama. Motivasi belajar matematika siswa pada kategori peran ayah sebagai cermin utama lebih tinggi dari kategori peran ayah sebagai motivator. b. motivasi belajar matematika pada kategori peran ibu sebagai panutan dan motivator lebih tinggi darI kategori peran ibu sebagai cermin utama dan fasilitator.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:09
Last Modified: 26 Dec 2018 01:09
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item View Item