PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH UNTUK SISWA KELAS 2 DI MIM NGEMBATPADAS KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

LESTARI, AMBARWATI DWI and ISLAM, SYAIFUL (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH UNTUK SISWA KELAS 2 DI MIM NGEMBATPADAS KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL AMBARWATI DWI LESTARI 143141013 PGMI A.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ambarwati Dwi Lestari,2018. Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah untuk Siswa Kelas 2 di MIM Ngembatpadas Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr.Saiful Islam, M.Ag Kata Kunci: Pembelajaran, Membaca Huruf Hijaiyah Kurangnya kemampuan siswa dalam membaca huruf hijaiyah, disebabkan karna berbagai hal mulai dari kurangnya perhatian orang tua untuk mengajari anak-anaknya untuk membaca huruf hijaiyah atau iqro, siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar membaca huruf hijaiyah menyebabkan anak-anak kesulitan dalam membaca huruf hijaiyah. Sebab seseorang dikatakan mampu membaca Al- Qur‟an apabila sudah bisa membaca huruf hijaiyah dengan baik dan benar. Dalam kenyataanya masih banyak siswa siswi di madrasah yang belum bisa membaca huruf hijaiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Metode dalam pelaksanaan pembelajaran membaca huruf hijaiyah untuk siswa kelas 2 di MIM Ngembatpadas Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2017/2018 dan Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran membaca huruf hijaiyah untuk siswa kelas 2 di MIM Ngembatpadas Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di MIM Ngembatpadas pada bulan Maret – Mei 2018. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 2 MIM Ngembatpadas, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru MIM Ngembatpadas. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu dengan langkah- langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca huruf hijaiyah untuk siswa kelas 2 di MIM Ngembatpadas adalah guru menyampaikan materi, kemudian guru memberi contoh cara membaca huruf hijaiyah dan kemudian siswa menirukan secara berulang-ulang. Proses evaluasi dilakukan setiap pertemuan, bentuk evaluasi berupa praktek membaca satu persatu. Ada satu kegiatan yang dilakukan guru untuk membimbing siswa yang belum bisa membaca adalah di adakan kegiatan tambahan jam di luar pelajaran yang di adakan saat pulang sekolah. Faktor pendukung meliputi guru dan sarana prasarana, sedangkan Faktor penghambat meliputi kurangnya minat belajar siswa, kurangnya motivasi siswa dalam belajar, waktu terbatas, kurang perhatian orang tua untuk mengajari anak untuk membaca huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:09
Last Modified: 26 Dec 2018 01:09
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

View Item View Item