PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT DASAR MATERI PECAHAN KELAS III DI SD ISLAM AL-HILAL KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AZIZAH, ALFIAH NUR and BISRI, MOH (2018) PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT DASAR MATERI PECAHAN KELAS III DI SD ISLAM AL-HILAL KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi full Alfiah Nur Azizah (143141012-PGMI A).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Alfiah Nur Azizah, Mei 2018, Penggunaan Media Benda Konkret Pada Pembelajaran Matematika Tingkat Dasar Materi Pecahan Kelas III Di SD Islam Al-Hilal Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Moh. Bisri, M.Pd Kata Kunci: Media benda konkret, Pembelajaran matematika materi pecahan Latar belakang masalah dalam suatu bidang pendidikan diantaranya: siswa kurang tertarik dan merasa sulit belajar mata pelajaran matematika, siswa masih pasif atau kurang ikut aktif saat belajar pecahan, siswa masih ramai sendiri serta guru kurang memperhatikan cara-cara menggunakan media benda konkret dengan tepat. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penggunaan media benda konkret pada pembelajaran matematika tingkat dasar materi pecahan. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan media menda konkret pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas III A di SD Islam Al-Hilal Kartasura Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dilaksanakan di SD Islam Al-Hilal Kartasura Sukoharjo dari bulan Januari sampai April 2018. Subjek penelitian ini guru mata pelajaran matematika kelas III, sedangkan untuk informan yaitu kepala sekolah, guru-guru mata pelajaran lain, sebagian siswa kelas III A. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan model interaktif, tahapan-tahapan yang dilakukan peneliti adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media benda konkret pada pembelajaran matematika tingkat dasar materi pecahan kelas III di SD Islam Al-Hilal Kartasura Sukoharjo adalah sebagai berikut: 1) Penggunaan media benda konkret pada pembelajaran matematika tingkat dasar materi pecahan kelas III A, yang dilakukan oleh ibu Siti selaku guru mata pelajaran matematika sudah berjalan lancar. Pendapat beberapa siswa yang menyatakan bahwa awalnya menganggap mata pelajaran matematika itu menakutkan dan membosankan, setelah guru mengajar matematika khususnya materi pecahan menggunakan media konkret belajar pecahan menjadi lebih menarik, mengasyikkan, menyenangkan, tidak takut lagi dan tidak merasa bosan. Penggunaan media konkret pada pembelajaran matematika materi pecahan terdapat tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan media benda konkret. Faktor pendukung diantanya: media benda konkret mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar, siswa memiliki antusias tinggi dan membawa media dari rumah masing-masing, saat belajar dengan media menjadikan siswa belajar aktif. Sedangkan faktor penghambat diantaranya: kurang tersedianya media yang ada di sekolahan, mengenai masalah biaya dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:09
Last Modified: 26 Dec 2018 01:09
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item