PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Pada Mahasiswa IAIN Surakarta)

Saputri, Floren Fay Fatrah and Rahadjo, Basuki (2018) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Pada Mahasiswa IAIN Surakarta). skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

[img]
Preview
Text
Floren Fay Fatrah S.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dari mulut ke mulut secara online (EWOM) terhadap minat beli dengan citra merek sebagai variabel mediasi terhadap produk smartphone Samsung pada mahasiswa IAIN Surakarta. Penelitian ini didasari adanya fenomena bisnis dan research gap. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan teknik pengumpulan data penelitian melalui kuisioner. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur/path. Berdasarkan hasil perhitungan data diketahui pengaruh citra merek sebagai variabel intervening antara EWOM dan minat beli sebesar 0,472. Jika dibandingkan dengan hubungan langsung yang memiliki pengaruh 0,374, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hubungan tidak langsung memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan pengaruh langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan langsung dan hubungan tidak langsung sama-sama signifikan. Hal ini berarti EWOM berpengaruh signifikan dan positif secara langsung terhadap minat beli. Dan EWOM juga berpengaruh signifikan dan positif secara tidak langsung terhadap minat beli yang dimediasi oleh variabel citra merek. Kata Kunci : Minat Beli, EWOM, dan Citra Merek

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Dec 2018 03:55
Last Modified: 20 Dec 2018 03:55
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2433

Actions (login required)

View Item View Item