UPAYA GURU PAI MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMK SULTAN AGUNG TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

Pamungkas, Cahya Bagaskara and Makruf, Imam (2017) UPAYA GURU PAI MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMK SULTAN AGUNG TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
CAHYA BASKARA PAMUNGKAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru PAI melakukan upaya pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Sultan Agung Tirtomoyo. Pengembangan bahan ajar yang belum sesuai harapan dan masih terkendala dengan berbagai masalah yaitu materi yang masih sulit di pahami dan masih besifat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru PAI Mengembangkan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI mata pelajaran PAI kelas X di SMK Sultan Agung Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Sultan Agung Tirtomoyo. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September sampai dengan bulan Januari 2017. Subyek penelitian adalah Guru PAI sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah Waka Kurikulum dan para Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dengan interaktif yang meliputi reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan bahan ajar di SMK Sultan Agung dilakukan berdasarkan tuntutan kurikulum yang berlaku dan mempertimbangkan karakteristik siswa, serta sebagai solusi permasalahan yang ada dalam pembelajaran PAI. Langkah-langkah pengembangannya adalah: (1) Analisis kebutuhan bahan ajar, (2) Menyusun peta bahan ajar, (3) Menyusun struktur bahan ajar, (4) Mengevaluasi bahan ajar. Terdapat beberapa kendala pada pelaksanaan pengembangan bahan ajar yaitu: sulitnya penyesuaian bahan ajar yang dibuat dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda, kurangnya koordinasi antarguru serta latar belakang pendidikan siswa dijenjang sebelumnya yang berbeda. Hasil dari pengembangan bahan ajar yang dilakukan oleh para guru adalah bahwa mutu pembelajaran PAI di SMK Sultan Agung Tirtomoyo mengalami peningkatan yang cukup baik terhadap proses pembelajaran yang pembelajaran tersebut menjadi lebih aktif, efektif dan kondusif maupun terhadap hasil belajar siswa yang meningkat setiap tahunnya

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Dec 2018 02:23
Last Modified: 20 Dec 2018 02:23
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item View Item