STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM JALAN-JALAN NING SOLO(J2NS) DI SOLO TV

Alfiansyah, Abdul Aziz and Adnani, Kamila (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM JALAN-JALAN NING SOLO(J2NS) DI SOLO TV. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abdul Aziz Alfiansyah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abdul Aziz Alfiansyah. NIM 13.11.1.2.030. :” Strategi Komunikasi Program Jalan-Jalan Ning Solo (J2NS) di Solo TV” Skripsi : Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018. Pada era kemajuan teknologi seperti ini, Televisi masih mendominasi sebagai alat komunikasi massa pilihan khalayak. Program demi program televisi di manfaatkan betul oleh para pemilik televisi. Meski sudah ada peraturan yang mengatur tentang penyiaran di Indonesia. Namun sayangnya masih banyak dari staisuun televisi yang meng. sedikit dari mereka yang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi. Imbas dari hadirnya televisi adalah mulai lunturnya kebudayaan asal berganti dengan kebudayaan media massa. Program bernuansa budaya layakanya Program J2NS adalah salah satu program televisi komunitas milik Solo TV yang hadir untuk menyajikan bentuk tayangan kebudayaan asli asal kota Solo yang sekarang ini sudah mulai punah. Strategi Komunikasi yang tepat tentu sangat dibutuhkan oleh Solo TV dalam hal ini. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh Solo TV dalam menghadirkan program J2NS. Dalam penelitian ini dignakan metode deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dandokumentasi. Kemudian hasil penelitian disajikan dalam bentuk tulisan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan Solo TV sebagai televisi komunitas dalam melakukan strategi komunikasi program J2NS menggunakan strategi dengan cara diantaranya (1) mengenal khalayak, Solo TV menyusun segmentasi khalayak pemirsa sejak awal pendirian Solo TV. Pemilihan segmentasi khalayak didasarkan pada visi & misi Solo TV. (2) pemilihan media komunikasi, media komunikasi yang digunakan oleh Solo TV adalah media yang berbentuk televisi, tepatnya televisi komunitas. Jangkauan dengar Solo TV terbatas dibantu dengan pengelolaan webste dan media social (3) pengkajian tujuan pesan. Pesan yang ingin disampaikan oleh Solo TV melalui program J2NS adalah pesan yang berisi kebudayaan, pariwisata, dan kuliner Soloraya, Pesan yang disampaikan dalam bentuk gambar dan suara (audio video), J2NS sendiritermasuk jenis program produksi luar studio dan program karya artistik. (4) peran komunikator dalam komunikasi, komunikator dalamProgram J2NS adalah Crew Solo TV yang terjun kelapangan melakukan liputan dan wawancara narasumber yang sesuai dengan topik dibantu dengan peran crew Editor.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.2 Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Dec 2018 06:42
Last Modified: 14 Dec 2018 06:42
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2266

Actions (login required)

View Item View Item