Hubungan Terpaan Tayangan Program Siaran Moto GP di Trans7 Terhadap Perilaku Keselamatan Berkendara Pada Komunitas MX Rider Community Chapter Solo

FITRIAWAN, AGUNG and SUSILOWATI, ENY and SRIYANTO, AGUS (2018) Hubungan Terpaan Tayangan Program Siaran Moto GP di Trans7 Terhadap Perilaku Keselamatan Berkendara Pada Komunitas MX Rider Community Chapter Solo. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
AGUNG_FITRIAWAN[1].pdf

Download (972kB) | Preview

Abstract

AGUNG FITRIAWAN, NIM : 13.12.11.019. Hubungan Terpaan Tayangan Program Siaran Moto GP di Trans7 Terhadap Perilaku Keselamatan Berkendara Pada Komunitas MX Rider Community Chapter Solo. Skripsi,Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tayangan ajang balap motor tertinggi Moto GP, balap motor yang menayangkan adu kecepatan berbelok dengan posisi badan hampir menyentuh aspal dan melihat tingginya angka kecelakaan disolo, Penelitian ini dilakukan pada MX Rider Community Chapter Solo karena melihat Banyak dari anggota MXRC menjadikan Moto GP sebagai inspirasi dalam perilaku keselamatan berkendara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan terpaan menonton tayangan program siaran Moto GP di Trans7 terhadap perilaku keselamatan berkendara pada komunitas MX Rider Community Chapter Solo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode survey eksplanatif asosiatif, Populasi dalam penelitian ini adalah anggota MX Rider Community Chapter Solo dengan jumlah sampel 60 orang. Data penelitian diperoleh melalui metode survei dengan penyebaran kuesioner, yang dilakukan pada awal bulan oktober Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel frekuensi (x1), durasi (x2) dan atensi (x3) secara simultan memiliki hubungan terhadap perilaku keselamatan berkendara. Adapun salah satu variabel yang paling dominan yakni atensi, variabel atensi memiliki tingkat kontribusi yang paling tinggi yakni 76,9% sedangkan variabel yang paling tidak dominan yakni variabel durasi, variabel durasi tingkat regresi yang paling rendah yakni 23,6%. Kata kunci : Perilaku Keselamatan Berkendara, Moto GP, MX Rider Community Chapter Solo .

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.2 Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Dec 2018 06:35
Last Modified: 14 Dec 2018 06:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2254

Actions (login required)

View Item View Item