STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN MUSLIM PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KARANGDOWO, KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Brian Herlambang, Lutfi and Suluri, Suluri (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN MUSLIM PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KARANGDOWO, KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lutfi Brian Herlambang (143111048) Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Kepribadian Muslim Pada Siswa Kelas VII di SMP N 1 Karangdowo, Klaten Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Suluri, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Kepribadian Muslim Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang melakukan pelanggaran norma-norma agama dan etika. Ini juga disebabkan karena kurangnya suatu pendidikan keagamaan yang memadai. Sehingga pendidikan keagamaan mempunyai peranan penting dalam mengembangkan kepribadian yang telah dimiliki seseorang sejak lahir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Kepribadian Muslim Pada Siswa Kelas VII di SMP N 1 Karangdowo, Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di SMP N 1 Karangdowo, Klaten pada bulan Januari 2018 sampai Juli 2018. Untuk subjek penelitian ini guru PAI. Informan yang dimintai keterangan yakni Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru BK, dan Siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisisnya menggunakan model analisis data interaktif, tahap yang ditempuh yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yang dilaksanakan di SMP N 1 Karangdowo di temukan beberapa strategi di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. Bentuk strategi di dalam pembelajaran di antaranya: 1) Strategi Pembiasaan, pembiasaan mengaji bersama sebelum pembelajaran di mulai, pembiasaan sholat dhuha sebelum pembelajaran dimulai 2) Strategi bimbingan langsung dan bimbingan tidak langsung, dilakukan dengan cara pemberian motivasi dan nasihat, pengecekan buku kegiatan keagamaan siswa pada saat pembelajaran 3) Strategi Hafalan, menyetorkan hafalan doa sehari-hari, bacaan sholat dan ayat-ayat pendek sesuai di kartu setor hafalan pada saat pembelajaran selesai. Sedangkan bentuk strategi di luar pembelajaran di antaranya: 1) Strategi Teguran, peneguran siswa yang berperilaku atau berpenampilan kurang baik ketika di luar pembelajaran 2) Strategi Mengadakan Kegiatan Rutin, mengadakan sholat dhuhur berjamaah dan pengajian ahad pagi di sekolah 3) Strategi Hukuman, memberikan hukuman bagi siswa yang tidak melaksanakan kegiatan ahad pagi, sholat jumat dan tidak membawa buku keagamaan 4) Strategi Pengkondisian Lingkungan, memberikan bentuk tata tertib dan slogan tentang keagamaan serta penyediaan tempat sampah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 07 Dec 2018 08:08
Last Modified: 07 Dec 2018 08:08
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item View Item