PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE YANBU’A PADA TINGKAT ULA DI PONDOK PESANTREN AL-MUTTAQIEN PANCASILA SAKTI SUMBEREJO, TROSO, KARANGANOM, KLATEN TAHUN 2018

MA’RUF, IMAM and Makruf, Imam (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE YANBU’A PADA TINGKAT ULA DI PONDOK PESANTREN AL-MUTTAQIEN PANCASILA SAKTI SUMBEREJO, TROSO, KARANGANOM, KLATEN TAHUN 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
fulltext.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Imam Ma‟ruf 2018, Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an Menggunakan Metode Yanbu‟a Tingkat Ula di Pondok Pesantren Putra Al-Muttaqien Pancasila Sakti di dukuh Sumberejo Wangi, Troso, Karanganom, Klatem Tahun 2018, skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing Dr Imam Makruf M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an, Metode Yanbu‟a. Saat ini banyak metode untuk mempermudah mempelajari membaca Al-Qur‟an. namun kebanyakan dari metode tersebut hanya mengajarkan cara membaca dan menuis saja. Salah satu metode untuk mempelajari cara ketepatan membaca Al-Qur‟an yaitu Metode Yanbu‟a, yang menekankan ketepatan bacaan sesuai ilmu tajwid dan makhraj serta penulisannya menggunakan Rasm Utsmany. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur‟an menggunakan metode Yanbu‟a di tingkat Ula di Pondok Pesantren Putra Al-Muttaqien Pancasila Sakti sumberejo, Troso, Karanganom, Klaten Tahun 2018 Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di Pondok Pesantren Putra Al-Muttaqien Pancasila Sakti di desa Troso, Karanganom, Klaten pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2018. Subyek penelitian adalah ustadz metode Yanbu‟a dan santri-santri di Pondok Pesantren Putra Al-Muttaqien Pancasila Sakti. Metode pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dilaksanakan setiap hari selain malam Selasa, malam Jum‟at dan Jum‟at pagi, serta dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu sesudah shalat Subuh dan Shalat Maghrib. Pembelajarannya secara individual dengan system sorogan menggunakan nomor urut. Disana memiliki 3 tingkatan dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an yaitu Ula‟, Wustha dan Ulya dan berjumlah keseluruhan 89 santri. Kegiatan dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu: pertama, pembukaan. Ustadz mengucapkan salam dan membaca khadlroh kemudian santri membaca Al-Fatihah dan do‟a pembuka. Kedua, kegiatan pembelajaran. Pengajar Yanbu‟a harus sudah musyafahah dan mempunyai syahadah untuk mengajar metode Yanbu‟a. Santri membaca semua materi yaitu materi pokok, materi tambahan, dan ustadz juga menjelaskan keterangan tambahan yang berada di bagian bawah halaman. Metode Yanbu‟a pada jilid 6 khusus mempelajari bacaan-bacaan gharib seperti hukum Alif, hukum waw, hukum, Ya, Hamzah Washal dan pada jilid 7 khusu mempelajari Tajwid seperti hukum nun mati atau tanwin, hukum mim sukun, hukum Al Ta‟rif, Lam Jalalah, hukum Ro serta hukum Mad dan lainya. Ketiga, penutup. Setiap santri yang telah selesai sorogan mengakhirinya dengan membaca shodaqallahul „Adzim.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 07 Dec 2018 08:07
Last Modified: 07 Dec 2018 08:07
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item View Item