EFEKTIVITAS METODE GALLERY WALK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Hayu Fitrian, Ecky and Bisri, Moh (2018) EFEKTIVITAS METODE GALLERY WALK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ecky Hayu Fitrian, 2018, Efektivitas Metode Gallery Walk Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Moh. Bisri, M.Pd. Kata kunci : Metode Gallery Walk, Prestasi Belajar PAI. Masalah dalam penelitian ini adalah faktor rendahnya prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI yang dipengaruhi oleh metode yang membosankan misalnya metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, dan metode pembiasaan ketika pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) prestasi belajar PAI pada siswa yang diajar menggunakan metode mengajar gallery walk; 2) prestasi belajar PAI pada siswa yang diajar menggunakan metode mengajar konvensional; 3) apakah metode mengajar gallery walk efektif untuk meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas X di SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Surakarta mulai bulan April hingga Juni 2018. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 6 Surakarta sebanyak 68 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Kegiatan pengumpulan data menggunakan metode tes. Hasil uji coba tes diperoleh angka validitas terendah -0,025 dan validitas tertinggi 0,668 serta diperoleh angka reliabilitas 0,802. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t (t-test). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan berkaitan dengan efektivitas metode gallery walk terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X di SMA Negeri 6 Surakarta yaitu: 1) prestasi belajar PAI siswa yang diajar dengan metode gallery walk kelas X di SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 berada pada kategori sedang dengan interval 16 - 21 (59%) sebanyak 20 siswa dan ditunjukkan dengan rata-rata sebesar 17,52; 2) prestasi belajar PAI siswa yang diajar dengan metode konvensional kelas X di SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 berada pada kategori sedang dengan interval 13 - 18 (56%) sebanyak 19 siswa dan ditunjukkan dengan rata-rata sebesar 15,85; 3) hasil analisis uji-t pada metode gallery walk menghasilkan nilai thitung (1,87) > ttabel (1,69) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa metode gallery walk efektif terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X di SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 07 Dec 2018 08:07
Last Modified: 07 Dec 2018 08:07
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item