STRATEGI PEMBERITAAN TRIBUNSOLO.COM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA ONLINE

SYAHIDA, AMALIA KHOIRUNNISA and ABAS, ZAINUL (2018) STRATEGI PEMBERITAAN TRIBUNSOLO.COM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA ONLINE. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
AMALIA KHOIRUNNISA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Amalia Khoirunnisa Syahida(14.12.1.1.099)Strategi Pemberitaan Tribunsolo.com Dalam Menghadapi Persaingan Media Online. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta 2018. Pertumbuhan pengguna internet yang semakin pesat menuntut masyarakat menginginkan hal yang serba cepat sehingga keberadaan media online diyakini mampu melayani. Dengan berita sepotong, dua atau tiga alinea masyarakat dapat mengakses segala informasi dan memenuhi keingintahuannya dengan mudah, meskipun dahaga informasi belum tentu terpenuhi. Maka dari itu dalam menyesuaikan perilaku masyarakat, penyajian berita makin beralih dari mulai menampilkan suatu konten dengan bentuk tulisan long form, beralih ke short form dan akhirnya sampai pada membaca judulnya saja. Agar informasi dibaca keseluruhan oleh pembaca maka judul berita harus dibuat menarik mungkin sebagai penentu klik pembaca. Artinya media saat ini merujuk pada fenomena yang disebut dengan jurnalisme umpan klik (clickbait) dimana fenomena ini memang menaikkan pengunjung namun tidak menciptakan costumer. Media online besar yang gencar memproduksi judul umpan klik ini salah satunya adalah TribunSolo.com yang merupakan roadmap sekaligus salah satu jaringan (network) dari media Tribunnews.com yang berkembang di kota Solo. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi pemberitaan dan teknik yang ditonjolkan oleh redaksi TribunSolo.com dalam menghadapi persaingan meda online. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang meninjau dari sisi keredaksian TribunSolo.com. Subyek penelitian adalah 5 staf redaksi dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu seseorang yang berada di bagian pemberitaan online TribunSolo.com, memiliki pengalaman di bidang keredaksian media, bersedia terlibat dalam penelitian dan menyetujui publikasi hasil penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data berupa wawancara,observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kantor berita TribunSolo.com dalam penentuan strategi pemberitaan terlebih dahulu menentukan manajemen redaksi untuk strategi pemberitaan TribunSolo.com terdiri dari tiga bentuk startegi meliputi(1)Strategi pemilihan Isu, TribunSolo.com sukses mengangkat isu sosial kemasyarakatan menarik jumlah pembaca karena menarik dan juga penting.(2)Strategi penulisan berita yang paling menonjol adalah pada judul yang kaya akan kata kunci yang semenarik mungkin dan membagi isi berita menjadi beberapa halaman.(3) Strategi perwajahan berita mempertahankan branding dan pengembangan konten yang bervariatif. Kata kunci: Strategi Pemberitaan, Media Online, TribunSolo.com

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 06 Dec 2018 03:28
Last Modified: 06 Dec 2018 03:28
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item