HUBUNGAN ANTARA METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA DAN INTENSITAS MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SEKOLAH DENGAN AKHLAK SISWA KELAS XI SMAN 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018

RAHAYU, PUJI and Khuriyah, Khuriyah (2018) HUBUNGAN ANTARA METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA DAN INTENSITAS MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SEKOLAH DENGAN AKHLAK SISWA KELAS XI SMAN 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Puji Rahayu.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Puji Rahayu, 2018, Hubungan antara Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Intensitas Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Sekolah dengan Akhlak Siswa Kelas XI SMAN 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Khuriyah, S.Ag., M.Pd Kata Kunci : Metode Pendidikan Islam, Intensitas Kegiatan Keagamaan, Akhlak Siswa Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa-siswi SMAN 1 Ngemplak Boyolali yang berperilaku kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara metode pendidikan Islam dalam keluarga dengan akhlak siswa kelas XI di SMAN 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2017/2018; (2) hubungan antara intensitas mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah dengan akhlak siswa kelas XI di SMAN 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2017/2018; (3) hubungan antara metode pendidikan Islam dalam keluarga dan intensitas mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah secara bersama-sama dengan akhlak siswa kelas XI di SMAN 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Ngemplak Boyolali dengan waktu penelitian pada bulan Februari sampai dengan bulan Juni 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 1 Ngemplak Boyolali yang berjumlah 381 siswa. Adapun sampel berjumlah 195 siswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi tunggal dan korelasi ganda dengan dibantu program SPSS versi 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif antara metode pendidikan Islam dalam keluarga dengan akhlak siswa diperoleh nilai rx1y sebesar 0,487; (2) Terdapat hubungan yang positif antara intensitas mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah dengan akhlak siswa diperoleh nilai rx2y sebesar 0,670; (3) Terdapat hubungan positif antara metode pendidikan Islam dalam keluarga dan intensitas mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah dengan akhlak siswa dengan nilai R = 0,697. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa ketika metode pendidikan Islam dalam keluarga dan intensitas mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah baik maka akhlak siswa akan baik dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Dec 2018 05:26
Last Modified: 04 Dec 2018 05:26
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item View Item