NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEPRIBADIAN DALAM NOVEL PUTRA SALJU KARYA SALMAN EL-BAHRY

Nurhayati, Fitria Fadilah and Khoiriyah, Khoiriyah (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEPRIBADIAN DALAM NOVEL PUTRA SALJU KARYA SALMAN EL-BAHRY. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Fitria Fadilah Nurhayati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fitria Fadilah Nurhayati, 2018, Nilai-Nilai Pendidikan Kepribadian dalam Novel Putra Salju Karya Salman El-Bahry, Skripsi: Program Study Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Hj. Khoiriyah, M.Ag. Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Kepribadian, Novel Permasalahan dalam penelitian ini adalah mulai menurunnya kepribadian anak yang dapat dilihat dari banyaknya kasus-kasus yang terjadi pada anak-anak terutama remaja. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dengan aplikasi-aplikasi yang semakin berkembang tanpa diimbangi dengan pengawasan orang tua juga mempengaruhi perkembangan kepribadian anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan kepribadian dalam novel Putra Salju karya Salman El-Bahry. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan adalah penelitian yang meggunakan sumber data kepustakaan dalam mencapai hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dengan menggunakan sumber data primer (novel Putra Salju) dan sumber data sekunder (buku yng berkaitan dengan penelitian). Untuk melihat keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam novel Putra Salju karya Salman El-Bahry terdapat nilai-nilai pendidikan kepribadian. Adapun nilai-nilai pendidikan kepribadian yang ada dalam novel Putra Salju yaitu nilai-nilai pendidikan kepribadian yang mudah menyesuaikan diri, nilai-nilai pendidikan kepribadian yang mempengaruhi, nilai-nilai pendidikan kepribadian yang berprestasi, nilai-nilai pendidikan kepribadian yang idealis, nilai-nilai pendidikan kepribadian yang sabar, nilai-nilai pendidikan kepribadian yang kompetitif, nilai-nilai pendidikan kepribadian yang perseptif, nilai-nilai pendidikan kepribadian yang peka, nilai-nilai pendidikan kepribadian yang berketetatapan, nilai-nilai pendidikan kepribadian yang ulet dan nilai-nilai pendidikan kepribadian yang berhati-hati.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Dec 2018 05:26
Last Modified: 04 Dec 2018 05:26
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item View Item