PERANAN EKSTRAKURIKULER ROHIS (KEROHANIAN ISLAM) DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 1 GEMOLONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Mariana, Mariana and Makruf, Imam (2018) PERANAN EKSTRAKURIKULER ROHIS (KEROHANIAN ISLAM) DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 1 GEMOLONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 2 SPASI revisi terbaru.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mariana, Mei 2018, Peranan Ekstrakurikuler Rohis(Kerohanian Islam) dalam Mengembangkan Sikap Religius Siswa di SMA Negeri 1 Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Peranan ekstrakurikuler, Rohis, Sikap Religius Permasalahan yang ada dalam penelitian ini sangat erat kaitannya dengan menurunnya moral remaja yang nampak secara umum di Indonesia seperti maraknya kasus seks bebas, tawuran, minum-minuman keras. Hal itu disebabkan ilmu agama yang dikesampingkan oleh sebagian siswa di Sekolah Umum, dan kurangnya penanaman moral melalui pelajaran PAI yang hanya 2 jam pelajaran di Sekolah Umum. Penanaman moral dapat didukung salah satunya dengan mengikuti kegiatan Rohis, namun minat siswa tergolong rendah dalam mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga menyebabkan kurangnya sikap Religius seperti kurangnya kesadaran siswa untuk sholat jamaah di masjid, mencontek ketika dikelas. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Rohis dalam mengembangkan sikap Religius siswa, faktor pendukung dan kendala di SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai April 2018 yang berada di SMAN 1 Gemolong. Subyek dalam penelitian ini adalaha pembina Rohis, ketua dan peserta Rohis, sedangkan informan penelitian yakni waka Kesiswaan, guru PAI, dan guru B.Arab. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif yakni reduksi, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil dalam penelitian ini: (1) Peranan Rohis dalam mengembangkan sikap religius siswa diantaranya sebagai lembaga keagamaan yakni aktif dalam kegiatan keagamaan, akrab dengan kitab suci melalui tahfidz, kajian, mentoring, dan komitmen terhadap perintah dan larangan agama dengan menutup aurot serta bersikap jujur ketika ulangan. Sebagai lembaga dakwah yakni kajian kelas, mading, buletin, majalah. Sebagai lembaga kemasyarakatan, yakni kajian Sabtu, dan kegiatan kurban. Sebagai lembaga perjuangan, yakni para anggota rohis ikut berjuang dalam menegakkan dakwah islam dengan terus bersemangat mengikuti kegiatan rohis. (2) Faktor pendukung dalam pengembangan tersebut diantaranya, sarana prasarana yang memadai, dukungan pihak sekolah/lingkungan, dan kebutuhan manusia akan agama. (3) Kendala-kendala yang dihadapi antara lainwaktu yang bertabrakan dengan kegiatan lain, koordinasi yang kurang antara anggota Rohis dengan pembina dan sesama anggota Rohis, dan dana serta anggaran yang kurang ketika pelaksanaan program kerja Rohis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Dec 2018 05:26
Last Modified: 04 Dec 2018 05:26
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1844

Actions (login required)

View Item View Item