UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)DALAM MENANGKAL RADIKALISME PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019

Munzaitun, Januariang and Hadziq, Abdulloh (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)DALAM MENANGKAL RADIKALISME PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2018/2019. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
JANUARIANG M.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Januariang Munzaitun, 2018, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menangkal Radikalisme pada Siswa di SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019. Surakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing: Abdulloh Hadziq, S.Pd.I., M.Pd.I. Kata Kunci: Radikalisme, Upaya Guru PAI Masalah dalam penelitian ini adalah sering terjadinya aksi-aksi kekerasan yang bersumber dari pemahaman radikal. Kecenderungannya, tindakan radikal tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa, tetapi juga remaja. Dalam hal ini, Guru PAI berupaya untuk menciptakan suasana keagamaan yang sehat di sekolah. Memberikan pemahaman tentang akidah yang benar dengan mengintegrasikan nilai-nilai kebhinekaan dan kebangsaan, sebagai bekal untuk menghindari ajaran radikal yang menyebabkan aksi-aksi kekerasaan yang mengatasnamakan agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI di SMA Negeri 1 Boyolali dalam menangkal radikalisme pada siswa kelas XI tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan metode deskripstif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru PAI kelas XI, informannya adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, dan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Boyolali. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan, analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan makna tersebut dapat diterik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa upaya guru PAI dalam menangkal radikalisme pada siswa kelas XI melalui proses pembelajaran di kelas dan melalui kegiatan keagamaan di luar kelas.Upaya yang dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas meliputi sosialisasi sejak dini, pengintegrasian materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam nilai-nilai antiradikalisme, dan mengedepankan dialog dalam pembelajaran. Sedangkan upaya yang dilakukan di luar kelas meliputi sosialisasi sejak dini, pemantauan terhadap kegiatan ROHIS (Rohani Islam), memberdayakan masjid sekolah sebagai pusat kegiatan ke-Islaman, suasana toleransi di lingkungan sekolah, dan guru Pendidikan Agama Islam menjadi uswatun khasanah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Dec 2018 05:26
Last Modified: 04 Dec 2018 05:26
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item