i PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN KITAB QURROTUL „UYUN DI MADRASAH DINIYYAH DZULFAQOR JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTULTAHUN 2017/2018

TUNIKHAYAH, FASIKHA and Choiriyah, siti (2018) i PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MENGGUNAKAN KITAB QURROTUL „UYUN DI MADRASAH DINIYYAH DZULFAQOR JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTULTAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI FASIKHATUNIKHAYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

xi xi ABSTRAK Fa sikhatunikhayah, 2018, Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih dengan menggunakan kitab Qurrotul „Uyun di Madrasah Diniyyah Dzulfaqor Jejeran Wonokromo Pleret Bantul Tahun 2017/2018 , Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , IAIN Surakarta. Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah, M.Ag Kata Kunci : Pembelajaran Fiqih, Kitab Qurrotul ‟Uyun Pembelajaran Fiqih adalah pembelajaran yang bertujuan untuk membelajarkan siswa pada materi - materi Fiqih seperti ibadah dan muamalah dengan me nggunakan strategi dan metode tertentu. Pembelajaran dilakukan agar siswa memahami apa saja yang menjadi tanggung jawab sebagai seorang hamba terhadap penciptany a, selain itu juga bagaimana perilaku seorang manusia dengan sesama manusia. Adapun beberapa r uang lingkup pelajaran Fiqih adalah sebagai berikut : Fiqih ibadah, Fiqih muamalah , Fiqih jinayah, dan Fiqih munakahat. Di Madrasah Diniyyah Dzulfaqor pembelajaran Fiqih terutama Fiqih yang berfokus pada Fiqih munakahat, menggunakan kitab Qurrotul „Uyun. P embelajaran tersebut untuk membekali keilmuan tentang keluarga supaya nantinya bisa mencapai derajat keluarga sakinah , mawaddah, warrohmah . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan menggunakan kitab Qurro tul „Uyun di Madrasah Diniyyah Dzulfaqor Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul Tahun 2017/2018 Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitiandilaksanakan di Madrasah Diniyyah Dzulfaqor Jejeran pada bulan Februari - Juni 2018. Subyek penelitian adalah Guru mata pelajaran Fiqih dan santri di Madrasah Diniyyah Dzulfaqor Bantul, dan informannya adalah Penga suh dan Ustadz - Ustadzah Madrasah DiniyyahDzulfaqor Bantul. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Data analisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan langkah - langkah reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dilaksanakan setiap malam Senin dan Selasa pada pukul 21.00 - 22.00 WIB, dikelas Ulya yang terdiri dari 30 santri. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu: 1) pembukaan. Guru mengucap salam , kemudian dibuka dengan membaca al - f atihah bersama - sama. 2) kegiatan inti. Guru menambah materi dengan membacakan kitab beserta makna jawanya, kemudian santri menulis makna di kitab masing - masing. Selanjutnya guru menjelaskan materi dan menunjuk santri untuk bergantian membaca kitab. Metode yang digunakan guru dalam prses pembelajaran yaitu: metode cermah, metode tanya jawab, metode latihan, dan metode bandongan. Media yang digunakan papan tulis, spidol, penghapus, dan kitab Qurrotul „Uyun . Pembelajaran ditutup dengan menyimpulkan materi sec ara bersama dan do‟a setelah belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:08
Last Modified: 02 Nov 2018 08:08
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item