Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Dalam Bidang Pendidikan Agama Islam

Atikasuri, Dwi Rohmatul and Muharom, Fauzi (2018) Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Dalam Bidang Pendidikan Agama Islam. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full Text (PDF).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewi Rohmatul Atikasuri. (143.111.086), 2018, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa Negeri Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Fauzi Muharom, M. Ag Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Anak Autis Anak autis merupakan salah satu anak yang dikategorikan berkebutuhan khusus, karena anak autis memiliki kelainan intelektual dan sosial yang memerlukan penanganan khusus dalam proses pembelajaran. Hal ini juga terjadi di Sekolah Luar Biasa Negeri Wonogiri. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui secara mendalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis dan problematika yang dihadapi ketika pembelajaran pendidikan agama Islam berlangsung di Sekolah Luar Biasa Negeri Wonogiri tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Negeri Wonogiri yang memiliki anak didik autis dan guru pendidikan agama Islam yang tunanetra dengan waktu penelitian mulai bulan April sampai dengan bulan Juni. Adapun subjek penelitiannya adalah guru pendidikan agama Islam, guru pendamping di Sekolah Luar Biasa Negeri Wonogiri dan anak autis dengan informan staf administrasi TU, waka kurikulum di Sekolah Luar Biasa Negeri Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan kebsahan data yaitu menggunakan triangulasi metode dan sumber selanjutnya dianalisis data dengan data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pembelajaran yang dilaksanakan kepada anak autis itu berbeda dengan anak normal pada umumnya yaitu dengan muatan materi yang disampaikan, ditekankan pada materi yang sederhana dan bersifat praktis dengan metode yang digunakan meliputi metode loovas, demontrasi, ceramah, tanya jawab, drill dan nasihat yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan anak autis. Upaya penyampaian materi pembelajaran oleh guru pendidikan agama Islam yang seorang tunanetra dan dibantu oleh guru pendamping ketika proses pembelajaran (2) terdapat beberapa problematika dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis yaitu: keadaan guru pendidikan agama Islam yang tuna netra, anak tidak masuk sekolah, konsentrasi anak autis hanya mampu bertahan sekitar 20-25 menit saja dan selebihnya anak akan bermain-main, beberapa dari anak autis sulit untuk diajak berkomunikasi dan sering meracau sendiri.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:05
Last Modified: 02 Nov 2018 08:05
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item