HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DENGAN KUALITAS INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IX DI MTS NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Jannah, Zulmi Zahrotun and Wahyuningsih, Retno (2018) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DENGAN KUALITAS INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IX DI MTS NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Zulmi Zahrotun J_ Septi Wulan Sari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zulmi Zahrotun J, 2018, Hubungan Antara Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Dengan Kualitas Interaksi Sosial Siswa Kelas IX di MTs Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018 Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Surakarta Pembimbing : Dr. Retno Wahyuningsih, S.Si., M.Pd Kata kunci : Prestasi Belajar Aqidah Akhlak, Kualitas Interaksi Sosial Melihat fenomena dan realitas di zaman sekarang, dengan merosotnya akhlak seseorang yang mengakibatkan hubungan interaksi sosial yang kurang baik di antara individu maupun kelompok. Pendidikan akhlak sangat penting bagi kebutuhan setiap individu untuk menjadi manusia yang berakhlakul karimah, budi pekerti dan mempunyai adab yang baik antar sesama manusia. Maka diharapkan seorang anak yang sudah mendapatkan mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah dapat memiliki akhlak tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pertama prestasi belajar aqidah akhlak; kedua kualitas interaksi sosial; ketiga adanya hubungan positif antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan kualitas interaksi sosial siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kuantitatif dengan analisis korelasi, ada hubungan antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan kualitas interaksi sosial siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan sebanyak 168 siswa kelas IX di MTs Negeri 1 Karanganyar. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa rapor mata pelajaran aqidah akhlak semester 1 kelas IX dan angket kualitas interaksi sosial. Teknik analisis data dimulai dari analisis unit, uji normalitas, kemudian menguji hipotesis digunakan rumus korelasi Spearman rank. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama prestasi belajar aqidah akhlak di MTs N 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018 tergolong dalam kategori rendah. Dari sampel 168 diperoleh frekuensi sebanyak 73 siswa dengan prosentase 43,39%; kedua kualitas interaksi sosial siswa kelas IX di MTs N 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018 tergolong dlam kategori sedang. Dari sampel 168 diperoleh frekuensi sebanyak 85 siswa dengan prosentase 50,59%; ketiga adanya hubungan antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan kualitas interaksi sosial siswa kelas IX di MTs N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan analisis data menggunakan product moment perhitungan didapatkan nilai rhitung 0,2333. Untuk mengetahui ada tidaknya koefisien korelasi maka perlu dibandingan dengan rtabel, dengan taraf signifikan 5% dan N=168, maka harga rtabel = 0,159. Ternyata harga rhitung (0,2333) > (0,159), Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:05
Last Modified: 02 Nov 2018 08:05
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item