PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) AL-MUSAWWA, DUSUN KAMPUNG BARU, KELURAHAN PABELAN, KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2017/2018

Ar-Rosid, M. Faqih Udin and Alwiyah, Noor (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) AL-MUSAWWA, DUSUN KAMPUNG BARU, KELURAHAN PABELAN, KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
M. Faqih Udin Ar- Rosid_ Septi Wulan Sari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Faqih Udin Ar-Rosid. (143111029) 2018, Pelaksanaan Pembelajaran di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Musawwa, Dusun Kampung Baru, Kelurahan Pabelan, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2017/2018. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M.Pd Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Pondok Pesantren. Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Musawwa merupakan salah satu pondok pesantren yang semua santrinya adalah mahasiswa yang masih aktif kuliah di berbagai perguruan tinggi yang ada di Surakarta. PPM Al-Musawwa dalam pembelajarannya tidak hanya menggunakan metode bandongan dan sorogan saja, namun sudah dipadukan dengan metode kekinian. Materi yang diajarkan lebih menekankan pada pembelajaran Al-Qur’an dan Al-Hadist tanpa mempelajari kitab kuning. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Musawwa, Dusun Kampung Baru, Kelurahan Pabelan, Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Musawwa Dusun Kampung Baru, Kelurahan Pabelan, Kabupaten Sukoharjo, pada Bulan Desember 2017 sampai Bulan Juli 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah ustadz dan santri PPM Al-Musawwa, sedangkan informannya yaitu ketua pondok PPM Al-Musawwa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik keabsahan datanya adalah Triangulasi sumber dan metode, dan untuk teknik analisis datanya menggunakan analisis interaktif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Musawwa termasuk kategori pondok pesantren khalaf (modern), dalam kegiatan pembelajarannya terbagi menjadi empat kelas yaitu: kelas pegon bacaan (Kitabah wal Qira’ah), kelas lambatan (Al-taan-ni), kelas cepatan (Al-Syari’i) dan kelas saringan (Al-idhafi). Terdapat tiga tahapan dalam Pelaksanaan pembelajarannya yaitu tahap Praintruksional yang diisi dengan mempersiapkan materi, membuka pembelajaran, dan memberikan nasehat atau motivasi kepada para santri. Tahap Intruksional yang diisi dengan penyampaian materi dengan menggunakan metode kekinian yaitu metode demonstrasi, drill (latihan) dan tanya jawab, tanpa terpaku dengan metode lama. Adapun materi yang diajarkan, sebagai materi pokok yaitu Al-Qur’an dan Himpunan Al-Hadist, dan juga terdapat beberapa materi penunjang lainnya yaitu Nahwu Sorof, Adabu Thalib, Ilmu Faroidh, Hidayatul Mustafidh dan ilmu manajemen. Terakhir tahap Evaluasi yang dilakukan dalam bentuk pengetesan atau pemberian ujian, pada saat santri hendak naik kelas dan lulus dari pondok pesantren.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:04
Last Modified: 02 Nov 2018 08:04
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item