HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KETELADANAN GURU DENGAN AKHLAK SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Ferawati, Isnaini Umi and Purwanto, Purwanto (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KETELADANAN GURU DENGAN AKHLAK SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Isnaini umi H_ Septi Wulan Sari.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Isnaini Umi Ferawati, 2018, Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Keteladanan Guru Dengan Akhlak Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. H. Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : Keteladanan Guru, Akhlak Siswa Permasalahan dalam penelitian ini adalah akhlak siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018 yang kurang mencerminkan akhlak mulia sesuai ajaran Islam. Terdapat beberapa faktor yang berhubungan dengan akhlak, diantaranya adalah keteladanan orang tua, teman sebaya, media sosial, lingkungan tempat tinggal dan keteladanan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Keteladanan yang ditunjukkan oleh guru SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. (2) Akhak siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. (3) Hubungan antara persepsi siswa terhadap keteladanan guru dengan akhlak siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisa korelasional. Tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Waktu penelitian dimulai dari bulan Januari 2017 sampai dengan bulan Juni 2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 617 orang. Penelitian ini menggunakan teknik sampling Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 242 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji instrumen menggunakan metode uji validitas isi korelasi butir dengan total dikoreksi dengan rumus Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan metode belah dua ganjil genap dikoreksi dengan rumus Korelasi Product Moment. Uji normalitas menggunakan metode Chi Kuadrat dengan hasil data berdistribusi tidak normal. Uji hipotesis menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan guru SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dalam kategori sedang, dengan nilai rata-rata 125,70. Terbukti hasil penelitian menunjukkan, terdapat 46 siswa atau 19,08% kategori rendah, 160 siswa atau 66,11% kategori sedang, dan 36 atau 14,87% kategori tinggi. Akhlak siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar kategori sedang, dengan nilai rata-rata 133,44. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 18 siswa atau 7,43% kategori rendah, 211 siswa atau 87,19% kategori sedang, dan 13 siswa atau 5,37% kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap keteladanan guru dengan akhlak siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Terbukti nilai thitung (3,14) > ttabel (1,960) dengan taraf kesalahan 5% dan dk=240.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:04
Last Modified: 02 Nov 2018 08:04
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item View Item