PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI SMA KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2018

Al Arba’, Azam Khafidhur Rohman and Andrian, Yayan (2018) PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI SMA KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
FULLTEKS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Azam Khafidhur Rohman Al Arba‟, 2018, Peran musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dalam menigkatkan profesionalisme guru PAI SMA Kabupaten Sragen Tahun 2018, Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Yayan Andrian, S.Ag., M.Ed.Mgmt. Kata Kunci : Peran MGMP, Profesionalisme Guru PAI MGMP PAI merupakan forum yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru PAI. Sementara profesionalisme guru PAI di Sragen masih rendah dikarenakan masih guru PAI yang belum bisa membuat RPP sesuai kurikulum 2013, menguasai materi, metode dan media dalam pembelajaran, walaupun sekarang sudah ada beberapa yang sudah bisa dikatakan profesional. Hal yang dilakukan dalam forum MGMP PAI untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu memberikan pengarahan dan juga pelatihan kepada guru agar merasa lebih bertanggung jawab dan juga dapat menguasai dalam proses pembelajaran, sementara untuk meningkatkan profesionalisme guru yang dilakukan dalam MGMP yaitu mengirim guru untuk ikut diklat dan workshop. Dengan adanya peran dari MGMP PAI diharapkan profesionalisme guru PAI bisa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari MGMP PAI SMA Sragen dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI SMA di Sragen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di forum MGMP PAI SMA Sragen mulai dari bulan Oktober 2017 sampai Mei 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah semua pengurus MGMP PAI SMA Sragen. Adapun yang menjadi Informan adalah Semua Anggota MGMP PAI SMA Sragen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI SMA Sragen yaitu ada lima yaitu: (a) roformator dalam classroom reform sebagai pembaharuan dalam meningkatkan profesionalisme dengan pelatihan pengembangan tugas pokok dan fungsi guru, (b) mediator yaitu sebagai alat untuk membantu pembaharuan memalui diklat dan pelatihan , (c) supporting agency, sebagai pendukung yaitu dari struktural, fungsional dan masyarakat (e) evaluator dan developer school reform, yaitu untuk pengembangan reformasi sekolah melalui diklat dan workshop. (F) clinical dan academic supervisor yaitu memberikan inovasi pembelajaran melalui pembinaan dan bimbingan yang terencana dalam kegiatan rutin MGMP PAI SMA Sragen.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:03
Last Modified: 02 Nov 2018 08:03
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item View Item