PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL HADIS DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Fadhilah, Aspiyah Nur and Alwiyah, Noor (2018) PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL HADIS DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Aspiyah Nur Fadhilah_Winda Nur Ismani.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aspiyah Nur Fadhilah,2018, Pelaksanaan Program Pembelajaran Menghafal Hadis di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dra.Hj. Noor Alwiyah, M.Pd. Kata Kunci : Program Pembelajaran, Menghafal Hadis Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Plus Klaten merupakan salah satu sekolah yang memiliki target hafalan Al-Quran, Hadis dan doa yang jarang dimiliki oleh sekolah yang lain, SMP Muhammadiyah Plus Klaten mencanangkan program menghafal Hadis dengan memasukkannya sebagai mata pelajaran, jadi mata pelajaran Hadis disini hanya terfokus pada hafalan Hadis pilihan. Walaupun banyak target hafalan tetapi di SMP Muhammadiyah Plus Klaten ini siswanya dapat mencapai target hafalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Program Pembelajaran Menghafal Hadis di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2018 sampai Juni 2018 di SMP Muhammadiyah Plus Klaten. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran menghafal Hadis dan siswa kelas VII, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan wali kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisa dengan analisis interaktif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Pelaksanaan Program Pembelajaran Menghafal Hadis di kelas VII SMP Muhammadiyah Plus Klaten dilakukan setiap satu minggu sekali pada hari Rabusatu jam pelajaran. Durasi waktunya 40 menit dalam satu jam pelajaran. Adapun target hafalannya yaitu siswa bisa hafal 40 Hadis pilihan dalam dua semester. Pembelajaran menghafal Hadis terjadwal dalam pembelajaran dalam kelas dan termasuk kedalam mata pelajaran tersendiri.Dalam pembelajaran menghafal Hadis pada kelas VII di SMP Muhammadiyah Plus Klaten tahun pelajaran 2017/2018 terdapat tiga tahapan, tahapan pertama, apersepsi, dalam apersepsi terdapat muraja‟ah yaitu kegiatan mengulang hafalan yang sebelumnya dan setelahmuraja‟ah, tahapan kedua, kegiatan inti, Ustadz memberikan materi hafalan yang baru atau ziyadah dengan menggunakan metode talaqqi yaitu Ustadz membacakan Hadis secara berulang kali dengan memotong bacaan Hadis yang dihafalkan menjadi beberapa bagian sesuai dengan terjemahannya agar memudahkan siswa dalam menghafal. Siswa menirukan apa yang dibacakan Ustadz secara berulang-ulang. Siswa yang sudah benar-benar hafal menyetorkan hafalannya kepada Ustadz dan dinilai di buku monitoring. Tahapan ketiga, penutup yaitu Ustadz menutup pembelajaran dengan menutup salam. Pembelajaran menghafal Hadis juga ada evaluasi, diantarnya yaitu evaluasi harian,mid semester dan ujian kenaikan kelas.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 31 Oct 2018 10:47
Last Modified: 31 Oct 2018 10:47
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item