PELAKSANAAN MENTORING KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SMP IT AL-HUDA WONOGIRI TAHUN 2018/2019

Islam, Ahnaf Muzayyinul and Sukirman, Sukirman (2018) PELAKSANAAN MENTORING KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SMP IT AL-HUDA WONOGIRI TAHUN 2018/2019. skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Ahnaf Muzayyinul Isloam_Nur Fitriani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahnaf Muzayyinul Islam, 2018, Pelaksanaan Mentoring Keagamaan dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMP IT Al-Huda Wonogiri Tahun 2018/2019, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Sukirman, M.Ag Kata Kunci : Mentoring Keagamaan, Pembentukan Akhlak, Siswa Permasalahan dalam penelitian ini adalah kegiatan mentoring keagaaman di SMP IT Al-Huda Wonogiri belum maksimal dalam proses pelaksanaannya. Dalam skripsi ini penulis mendeskripsikan pelaksanaan mentoring keagamaan dalam membentuk akhlak siswa di SMP IT Al-Huda Wonogiri melalui materi dan metode yang digunakan dalam pelaksanaan mentoring keagamaan tersebut. Bagaimana pelaksanaan serta materi dan metode yang digunakan dalam kegiatan mentoring keagamaan dalam membentuk akhlak siswa di SMP IT Al-Huda Wonogiri? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan serta materi dan metode yang digunakan dalam kegiatan mentoring keagamaan dalam membentuk akhlak siswa di SMP IT Al-Huda Wonogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di SMP IT Al-Huda Wonogiri pada bulan Mei-Agustus 2018. Subyek penelitian adalah 5 ustadz yang menjadi mentor untuk siswa putra kelas VIII. Sedangkan informan penelitian adalah Ketua Bidang Santri dan 1 orang siswa. Metode pengumpulan data dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan mentoring keagamaan dilaksanakan setiap hari Kamis setelah pulang sekolah. Jumlah siswa yang mengikuti mentoring untuk kelas VIII sebanyak 105 siswa, dan terbagi kedalam 10 kelompok, 5 kelompok putra dan 5 kelompok putri. Proses kegiatan mentoring keagamaan diawali dengan mentor mengucap salam lalu dilanjutkan mengucapkan basmalah bersama-sama. Setelah itu dilanjutkan dengan tilawah al-Qur‟an, lalu masuk kegiatan inti yaitu penyampaian materi oleh mentor, setelah itu adalah evaluasi, kemudian kegiatan di akhiri dengan membaca do‟a kafaratul majlis. SMP IT Al-Huda memiliki buku mentoring tersendiri yang berisi materi-materi yang disampaikan pada kegiatan mentoring keagamaan, yaitu buku Materi Bina Pembinaan Insani, yang berisi 7 tema materi yang akan disampaikan kepada siswa. SMP IT Al-Huda Wonogiri sendiri sudah menerapkan beberapa metode dalam kegiatan mentoring keagamaan, metodenya bervariatif, yaitu diskusi, ceramah, tanya jawab, pemecahan masalah, bahkan terkadang ada kegiatan outdoor yang dilakukan. Metode-metode tersebut sudah cukup baik digunakan dalam kegiatan mentoring keagamaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 31 Oct 2018 10:20
Last Modified: 31 Oct 2018 10:20
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item