PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUSTHOLAH HADIST DENGAN KITAB TAISIRUL MUSTHOLAHUL HADIST DI KELAS AL MUTAWASITHOH I MADRASAH DINIYAH ROUDHOTUT THOLIBIEN KARANG JOHO, MOJO, ANDONG, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mudhofir, Ahmad and Subandji, Subandji (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUSTHOLAH HADIST DENGAN KITAB TAISIRUL MUSTHOLAHUL HADIST DI KELAS AL MUTAWASITHOH I MADRASAH DINIYAH ROUDHOTUT THOLIBIEN KARANG JOHO, MOJO, ANDONG, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
ahmad mudhofir_ nurul mutiah r.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Mudhofir, Juli 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Mustholahul Hadist Dengan Kitab Taisirul Mustholahul Hadist Di Kelas Al Mutawasithoh I Madrasah Diniyah Roudhotuth Tholibien Karang Joho Mojo Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Subandji, M.Ag., Kata Kunci : Pembelajaran Mustholah Hadist, Kitab Taisirul Mustholahul Hadist Ilmu Mustholah Hadist merupakan ilmu yang membahas tentang pokokpokok dan kaidah-kaidah yang dengannya diketahui keadaan sanad dan matan hadist dari sisi diterima atau ditolak. Untuk memahami ilmu tersebut diperlukan proses pembelajaran serta sumber belajar yang sesuai dan pas untuk mempermudah siswa dalam memahami ilmu mustholah ini. Salah satu kitab yang bisa dijadikan rujukan dalam proses pembelajaran ilmu Mustholah Hadist adalah kitab Taisir Mustholahul Hadist. Penelitian ini dilatar belakangi sedikitnya lembaga pendidikan formal maupun non formal yang menggunakan kitab Taisir Mustholahul Hadist sebagai sumber belajar tentang ilmu Mustholah Hadist. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Mustholah Hadist dengan kitab Taisirul Mustholahul Hadist di kelas Al Mutawasithoh I Madrasah Diniyah Roudhotut Tholibien Karang Joho, Mojo, Andong, Boyolali. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan di Madrasah Diniyah Roudhotuth Tholibien pada bulan November 2017 sampai April 2018. Subyek penelitian ini adalah ustadz pengampu pembelajaran Mustholahul Hadist dan santri dkelas Al Mutawasithoh I Madrasah Diniyah Roudhotuth Tholibien. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah dan penUstadzs Madrasah Diniyah Roudhotuth Tholibien. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Data analisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 16.00, di Kelas Al Mutawasithoh 1 yang terdiri dari 43 santri. Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai santri terlebih dahulu melakukan lalaran dan berdo’a. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu: 1) Muqoddimah, Ustadz mengucap salam, kemudian dibuka dengan tawasul dan berdo’a. 2) Kegiatan inti. Ustadz membacakan kitab yang berbahasa Arab tanpa harokat (Arab gundul) beserta makna jawanya, kemudian santri menulis makna di xii kitab masing-masing. Selanjutnya Ustadz menjelaskan materi dan sesekali menanyakan materi yang belum dipahami oleh santri. Metode yang digunakan Ustadz dalam proses pembelajaran yaitu: metode cermah, metode tanya jawab, dan metode menghafal. Media yang digunakan papan tulis, spidol, penghapus, dan kitab Pembelajaran Taisirul Mustholahul Hadits. Kegiatan Penutup dengan menyimpulkan materi secara bersama-sama dan do’a setelah belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 31 Oct 2018 10:20
Last Modified: 31 Oct 2018 10:20
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item