PENGARUH RASA BERSALAH KONSUMEN, PEMANTAUAN DIRI DAN EFEKTIVITAS YANG DIRASAKAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI PRODUK HIJAU

Rakhmania, Yasaroh Dyah and Septin, Puji Astuti, S.Si., M.T., Ph.D (2017) PENGARUH RASA BERSALAH KONSUMEN, PEMANTAUAN DIRI DAN EFEKTIVITAS YANG DIRASAKAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI PRODUK HIJAU. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT This study investigated the influence of consumer guilt, self-monitoring and perceived consumer effectiveness to green purchase intention. Respondent of this study are students of four universities in Surakarta, IAIN, UMS, UNS, ISI. Simple random sampling, are applied in this study to collect 68 respondents from those universities. PLS-SEM is implemented to get better data analysis. The results show that consumer guilt has no significantly influence on the green purchase intention, it also influence on perceived consumer effectiveness. Meanwhile, self-monitoring significantly influence green purchase intention. This variable influences perceived consumer effectiveness. Finally, perceived consumer effectiveness influences green purchase intention. Keyword : Green purchase intention, consumer guilt, self-monitoring and perceived consumer effectiveness. ABSTRAK Penelitian ini meneliti pengaruh rasa bersalah konsumen, pemantauan diri dan efektivitas yang dirasakan konsumen terhadap niat beli produk hijau. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa dari empat perguruan tinggi di Surakarta. Simple random sampling diterapkan dalam penelitian ini untuk megumpulkan 68 responden dari perguruan tinggi tersebut. SEM-PLS diimplementasikan untuk mendapatkan analisis data yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa bersalah konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli produk hijau, dan juga berpengaruh signifikan pada efektivitas yang dirasakan konsumen. Sedangkan pemantauan diri berpengaruh signifian terhadap niat beli produk hijau dan variabel ini mempengaruhi efektivitas yang dirasakan konsumen. Yang terakhir, efektivitas yang dirasakan konsumen mempengaruhi niat beli produk hijau. Kata kunci : niat beli produk hijau, rasa bersalah konsumen, pemantauan diri dan efektivitas yang dirasakan konsumen

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 304 Factors affecting social behavior
300 Ilmu Sosial > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Mar 2018 05:10
Last Modified: 27 Mar 2018 05:10
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item