PENGARUH PELUANG PASAR, INOVASI PRODUK, JARINGAN PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN EKSPOR PENGUSAHA MEBEL DI SURAKARTA

Gaharadikara, Khalifah Maksum and Drs., Azis Slamet Wiyono, M.M (2017) PENGARUH PELUANG PASAR, INOVASI PRODUK, JARINGAN PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN EKSPOR PENGUSAHA MEBEL DI SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi 132211101 (Gaharadikara Khalifah Maksum).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peluang pasar, inovasi produk, jaringan pemasaran, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran ekspor mebel di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha mebel di Surakarta yang sudah mengekspor ke negara lain. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu dengan simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 78 responden pengusaha yang mengekspor mebelnya. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Untuk variabel dependen (y) dari penelitian ini adalah kinerja pemasaran ekspor. Untuk variabel independen (x) meliputi: peluang pasar (x1), inovasi produk (x2), jaringan pemasaran (x3), dan keunggulan bersaing (x4). Untuk metode analisis data dengan menggunakan model regresi liniear berganda. Sedangkan untuk olah data dengan menggunakan IBM SPSS Statistik 20.0 Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel peluang pasar, inovasi produk, jaringan pemasaran, dan keunggulan bersaing berdasarkan uji t menujukan nilai thitung sebesar 4,574 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Jika dibandingkan dengan ttabel (1,667) maka thitung > ttabel dan ρ < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima H0 ditolak, artinya peluang pasar, inovasi produk, jaringan pemasaran, dan keunggulan bersaing ada pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran ekspor di Surakarta. The purpose of this research is to know the influence of market opportunity, product innovation, marketing network, and competitive advantage of furniture export in Surakarta. The population in this research is all furnitur entepreneur in Surakarta who have been exporting to other countries. The sampling technique using probability sampling that is by simple random sampling and from that sampling process, obtained about 78 enterpreneur as a respondent who export the furniture. This research variable using two variable that is dependent variable and independent variable. For the dependent variable (y) of this study is the performance of export marketing. For independent variables (x) include: market opportunity (x1), product innovation (x2), marketing network (x3), and competitive advantage (x4). For data analysis method using multiple liniear regression model. While for the processing data using IBM SPSS Statistics 20.0. The results of this research, indicate that the variables of market opportunity, product innovation, marketing network, and competitive advantage based on t test show the thitung value is 4.574 with significance level 0.000. Compared with ttable (1.667) then thitung> ttable and ρ <0,05. This indicates that H1 received H0 is rejected, it mean that market opportunity, product innovation, marketing network, and competitive advantage have positive and significant influence to export marketing performance in Surakarta.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
600 Teknologi > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 19 Mar 2018 02:29
Last Modified: 19 Mar 2018 02:29
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item View Item