PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Zuhdi, Ahmad Mughofir and Suyatman,, S.Pd, M.Pd (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar SKI siswa rendah, hal ini disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar SKI siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) motivasi belajar SKI siswa MTs N 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar kelas VII dengan Software Presentasi Lectora Inspire.(2) motivasi belajar SKI siswa MTs N 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar kelas VII dengan Software PresentasiMicrosoft Power Point. (3) ada tidaknya perbedaan motivasi SKI yang menggunakan Software Presentasi Lectora Inspire dengan Software Presentasi Microsoft Power Point di MTs N Gondangrejo Kabupaten Karanganyar kelas VII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, beralokasi diMTs N 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilakukan mulai bulan febuari 2017 sampai dengan november 2017, sampel dalam penelitian ini ada dua kelas dari total 8 kelas yaitu kelas VII A-VIIH. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas. Dianalisa dengan uji t-tes untuk mengetahui pengaruh penggunaan Software Presentasi terhadap motivasi belajar SKI. Dari hasil penelitian inidisimpulkan bahwa : (1) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan Software Lectora Inspire pada pelajaran SKI siswa di MTs N 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar kelas VII tergolong dalam kategori sedang (60,71%). (2) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan Software Microsoft Power Point pada pelajaran SKI siswa di MTs N 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar kelas VII tergolong dalam kategori sedang (57,69%) (3) Hasil analisis data menggunakan analisis t-testsampel independen(tidak berkorelasi) diperoleh thitung sebesar (2,37), kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan taraf signifikasi 5% dengan ttabel (2,056). Karena thitung (2,37) > (2,056) harga ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang menggunakan Software Presentasi Lectora Inspire dengan Software Presentasi Microsoft Power Point pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
2x Islam > 2x9 Sejarah, Islam dan Modernisasi
300 Ilmu Sosial > 306 Culture and institutions
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 15 Mar 2018 04:37
Last Modified: 15 Mar 2018 04:37
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item