KOMPETENSI GURU IDEAL DALAM PANDANGAN AL-GHAZALI

Yono, Saputro and Dr., Toto Suharto S.Ag., M.Ag (2018) KOMPETENSI GURU IDEAL DALAM PANDANGAN AL-GHAZALI. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi adalah dasar awal bagi seorang guru untuk melaksanakan tugasnya dalam mengajar, akan tetapi dewasa ini banyak guru yang tidak memahami arti penting sebuah kompetensi. Banyak dari mereka yang mengajar hanya sebatas menunaikan kewajiban tanpa mempertimbangkan aspek kompetensi yang merupakan landasan dasar dalam pembelajaran. al-Ghazali sebagai tokoh pendidikan Islam banyak menyumbangkan pemikiran dalam dunia pendidikan, diantara yang menjadi perhatian beliau adalah pada komponen guru dan siswa. Dalam pemikiran mengenai guru yang beliau membahasnya dalam kitab ‘Ihya Ulumiddin. Al-Ghazali menjelaskan bagaimana kompetensi guru ideal yang harus dimiliki sebelum melakukan tugas mengajar. Yang menjadi permasalahan dari penelitian ini adalah “Bagaimana kompetensi guru ideal dalam pandangan al-Ghazali”?. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru ideal dalam pandangan al-Ghazali. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan mengambil karya dari seorang ulama yang menyumbangkan banyak pemikiran dalam dunia pendidikan yaitu Abu Hamid Muhammad bin Muhammad At-Thusi al-Ghazali atau yang lebih dikenal dengan Al-Ghazali. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yang terdiri dari sumber data primer berupa Kitab Terjemahan Ihya Ulumiddin jilid 1, dan sekunder berupa buku-buku lain yang mendukung tema penelitian. Analisis data menggunakan analisiss konten (analisis isi) memakai pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru ideal dalam pandangan al-Ghazali terdiri dari lima aspek yaitu, pengetahuan, keterampilan, sikap, teladan, dan etika. Pengetahuan adalah merupakan modal awal sebelum mengajar, al-Ghazali menjelaskan bahwa pengetahuan harus membawa pada sebuah kebenaran. Keterampilan adalah bagaimana seorang guru mampu menciptakan keadaan yang membuat nyaman siswa dalam pembelajaran, serta keterampilan guru dalam membawakan materi pembelajaran sesuai dengan daya tangkap dan pemahaman siswa. Al-Ghazali mengemukakan aspek sikap sebagai sesuatu keadaan personal yang harus dilakukan di segala lingkungan baik di kelas, sekolah, maupun di masyarakat. Keteladanan adalah suatu sikap, perkataaan, dan perbuatan yang baik yang senantiasa harus ditunjukkan di depan murid sehingga menjadi contoh yang baik. Sedangkan etika adalah kesesuian antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan sehingga tidak membawa dusta.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 15 Mar 2018 04:37
Last Modified: 15 Mar 2018 04:37
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1558

Actions (login required)

View Item View Item