PENDIDIKAN AKHLAK SISWA MELALUI PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI SDIT NURUL IMAN KARANGLO, PURWANTORO KELAS V TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Syaiful, Huda and Drs., Sukirman, M.Ag (2017) PENDIDIKAN AKHLAK SISWA MELALUI PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI SDIT NURUL IMAN KARANGLO, PURWANTORO KELAS V TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FINAL REVISI SIDANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya berbudi pekerti yang baik, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain : kurangnya internalisasi akhlak, adanya permasalahan akhlak siswa dalam bergaul dan kurangnya waktu dalam pendidikan akhlak di sekolah. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses terjadinya pendidikan akhlak siswa melalui pengembangan budaya sekolah di SDIT Nurul Iman Purwantoro Tahun Pelajaran 2016/2017 serta mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan pada bulan Juli – September 2017 di SDIT Nurul Iman Karanglo Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Subyek penelitian ini adalah koodinator kurikulum dan kesiswaan beserta beberapa guru kelas dengan informan Kepala SDIT Nurul Iman Karanglo. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa keabsahannya dengan triangulasi data dan metodologis, selanjutnya dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pentingnya pendidikan dan pembiasaan akhlak yang dilakukan sedini mungkin di sekolah dasar karena akan terbawa hingga dewasa, beberapa bentuk pendidikan akhlak mulia melalui pengembangan budaya sekolah diantaranya (1) Pendidikan yang dilakukan didalam kelas melalui kegiatan opening, yaitu doa bersama, hafalan surat-surat pendek, muraja’ah, pembiasaan literasi. (2) Pendidikan yang dilakukan diluar kelas, seperti salam dan salim, menata sepatu dengan rapi di rak sepatu, sholat dhuha berjama‟ah, berwudhu dengan tata cara yang baik dan benar, makan siang bersama, sholat dzuhur berjama‟ah dan membiasakan berdo‟a serta dzikir. (3) Pendidikan yang dilakukan melalui program sekolah, seperti tadzabur alam, kunjungan tokoh, kunjungan edukasi, senam pagi, mabit, mentoring dan kajian pembinaan bagi siswa, kreatifitas majalah dinding, penanaman pohon dan pemajangan anekdot, motto maupun semboyan keagamaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x5 Akhlak dan Tasawuf
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 15 Mar 2018 04:36
Last Modified: 15 Mar 2018 04:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item