PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP RELIGIUS PADA SISWA KELAS VIII SMPISLAM PLUS AL BANJARI BLORA 2017

Siti, Ni’matush Sholihah and Drs., Sukirman, M.Ag (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP RELIGIUS PADA SISWA KELAS VIII SMPISLAM PLUS AL BANJARI BLORA 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
full text.pdf

Download (852kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah salah satu bentuk kepribadian yang sulit ditanamkan kepada siswa terutama di zaman era globalisasi saat ini adalah pribadi religius atau sikap religius. Faktor yang mempengaruhi pengembangan sikap religius siswa antara lain adalah peran guru Pendidikan Agama Islam yang dapat dilakukan dalam pengembangan sikap religius. Persoalannya disini adalah seberapa besar seorang pendidik mampu diberi tanggung jawab dalam hal ini, mengingat bahwa siswa siswi sekolah menengah atas ini berada dalam masa-masa yang labil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Islam dalam mengembangkan sikap religius siswa kelas VIII SMP Islam Plus Al Banjari Blora tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriftif. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Plus Al Banjari Blora tahun ajaran 2017/2018, mulai tanggal 23 Mei sampai dengan bulan 21 November 2017. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidkan Agama Islam kelas VIII SMP Islam Plus Al Banjari Blora, sedangkan informannya adalah kepala sekolah, guru-guru lain serta siswa kelas VIII SMP Islam Plus Al Banjari Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisisnya menggunakan model analisis data interktif, tahap yang ditempuh adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan sikap religius siswa kelas VIII SMP Islam Plus Al Banjari Blora tahun 2017 adalah melalui 2 cara adalah 1. Melalui pembelajaran di dalam kelas diantaranya dengan melalui contoh keteladanan, melalui nasehat, melalui pengawasan, melalui reward dan punishmen melalui pembiasaan. 2. Melalui kegiatan keagamaan atau pembelajaran di luar kelas diantaranya dengan melalui kegiatan extrakulikuler, belajar terbimbing/ kajian keIslaman, sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, program tahfid 3 juz dan pengkajian kitab salaf, pengadaan Infaq Jum’at, melakukan peringatan hari besar Islam. The background of this research is one form of personality that is difficult to be implanted to students, especially in the era of globalization today is a religious person or religious attitude. Factors influencing the development of students' religious attitudes include the role of Islamic Religious Education teachers that can be done in the development of religious attitudes. The problem here is how much an educator can be given responsibility in this regard, given that high school students are in unstable times. The purpose of this study is to determine the role of Islamic Education teachers in developing the religious attitude of students of class VIII SMP Islam Plus Al Banjari Blora in 2017. This study uses a qualitative discrettif approach. This research was conducted at Islamic Junior High School Plus Al Banjari Blora academic year 2017/2018, starting on May 23 until November 21, 2017. The subject of this research is teacher of Islamic Class VIII Islam Plus Al Banjari Blora, while the informant is principal, other teachers and students of class VIII SMP Islam Plus Al Banjari Blora. The method used in this research is by using the method of observation, interview and documentation. To check the validity of the data using method and source triangulation. Analytical technique using interconnection data analysis model, the steps taken are data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study can be concluded that the role of Islamic Religious Education teachers in developing the religious attitudes of students of class VIII SMP Islam Plus Al Banjari Blora in 2017 is through 2 ways is 1. Through learning in the classroom by example exemplary, through advice, through supervision, through rewards and punishments through habituation. 2. Through religious activities or learning outside the class such as through extrakulikuler activities, learning guided / Islamic studies, prayers dhuha and dhuhur congregation, tahfid 3 juz program and assessment of salaf book, the procurement of Infaq

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 15 Mar 2018 04:36
Last Modified: 15 Mar 2018 04:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item View Item