PENGEMBANGAN PROGRAM KELAS FULL DAY SCHOOL DI MTs NEGERI NGEMPLAK, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Shonnia, Nanda Ayu Rochmawati and Prof. Dr. H., Usman Abu Bakar, M.A (2018) PENGEMBANGAN PROGRAM KELAS FULL DAY SCHOOL DI MTs NEGERI NGEMPLAK, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULLTEXT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1. Mekanismen penyelenggaraan program kelas full day school di MTs N Ngemplak ditinjau dari context, input¸process dan output. 2. Pengembangan dalam program kelas full day school di MTs N Ngemplak dilihat dari sarana dan prasarana, 3. Hambatan dalam penyelenggaraan program kelas full day school di MTs N Ngemplak, 4. Upaya untuk memecahkan maslah dalam pelaksanaan program kelas full day school di MTs N Ngemplak, Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan dengan wawancara mendalam. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Penyelenggaraan program kelas full day school di MTs N Ngemplak sekarang memperhatikan manajemen pendidikan dengan baik dari pada tahun-tahun sebelumnya tapi masih ada sedikit kekurangan, antara lain tidak ada pedoman penyelenggaraan, tidak ada pergantian struktur organisasi pengurus program dan tidak ada seleksi khusus untuk tenaga pengajar dan proses pembelajaran yang tidak jauh berbeda dengan kelas reguler, 2. Pengembangan program full day school di MTs N Ngemplak jika di lihat di grafik dari tahun ke tahun mengalami perkembangan, yaitu dari segi sarana prasarana dan SDM, 3. Hambatan dalam penyelenggaraan program full day school di MTs N Ngemplak adalah tidak ada kriteria khusus untuk penerimaan calon peserta didik dan tenaga pengajar, 4. Upaya untuk memecahkan masalah dalam pelaksanaan program full day school, evaluasi hanya dilakukan pada awal dan akhir tahun pelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 15 Mar 2018 04:36
Last Modified: 15 Mar 2018 04:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item