IMPLEMENTASI METODE PEER TEACHING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) DI SMP ANGKASA COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Ronengsih, Ronengsih and Dra. Hj., Noor Alwiyah, M.Pd (2017) IMPLEMENTASI METODE PEER TEACHING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) DI SMP ANGKASA COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang belum bisa membaca al-qur‟an.Oleh karena itu dibuatlah program baca tulis al-qur‟an (BTA), karena jumlah pengajar yang kurang oleh karena itu untuk mempermudah dalam pembelajaran baca tulis al-qur‟an yaitu dengan menggunakan metode. Metode yang di gunakandalam program bacatulis al-qur‟an di SMP AngkasaColomaduyaitumetodepeer teaching. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan Implementasi metode peer teaching dalam pelaksanaan program baca tulis al-qur‟an di SMP Angkasa Colomadu tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dilaksanakan di SMP Angkasa Colomadu pada bulan November 2016 -Agustus 2017. Subyek dalam penelitian ini adalah guru BTA dan tutor. Sedangkan informannya yaitu guru pendamping dan siswa.Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi metode sedangkan,teknik analisis data dengan menggunakan analisis interaktif dengan angkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi metode peerteaching dalam program pelaksanaan Baca Tulis Al-Quran di SMP Angkasa Colomadu terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) Perencanaan, kegiatan perencanaan yaitu guru mengelompokan siswa atau peserta BTA menjadi kelompok kecil sesuai dengan kemampuan masing-masing, 2) kegiatan Awal, Guru atau tutor mengawali pembelajaran BTA dengan membuka salam, kemudian secara bersama-sama membaca basmallah, 3) kegiatan Inti, guru atau tutor meminta siswa satu per satu membaca ayat sesuai dengan jilid masing-masing, dan disimak olehtutor atau guru, 4)kegiatan Akhir, kegiatan pembelajaran BTA diakhiri dengan membaca hamdallah dan doa penutup oleh masing-masing siswa yang telah membaca iqro atau al-Quran.Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada pagi hari dan siang hari. Pada pagi hari pemebelajaran di mulai pada pukul 06.30 WIB sampai dengan pukul 07.00 WIB hari Selasa dan Kamis sedangkan, siang hari di mulai pada saat istirahat yaitu pada pukul 12.00 wib sampai dengan 12.30 WIB pada hari Senin dan Rabu. Evaluasipembelajar BTA dengan diadakan tes membaca sesuai jilid peserta, waktu pelaksanaan evaluasi jam istirahatatau di sela-sela jam pelajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 15 Mar 2018 04:36
Last Modified: 15 Mar 2018 04:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item