PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA KELAS IX DI SLB NEGERI WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nova Wina, Altika Sari and Dra. Hj., Noor Alwiyah, M.Pd (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA KELAS IX DI SLB NEGERI WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi Lengkap ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah luar biasa menjadi tempat penyelenggaraan pendidikan bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam pembelajaran harus sesuai dengan kemampuan siswanya. Tenaga pendidik juga harus memiliki bekal yang cukup dan memahami cara menangani anak dengan kebutuhan khusus. Akan tetapi di SLB Negeri Wonogiri ada seorang tenaga pendidik yang berkebutuhan khusus yaitu mengalami tunanetra. Akan tetapi beliau tetap bisa mengajar dan bahkan yang diajar bukan hanya dikelas tunnetra saja tetapi juga kelas tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunagrahita di SLB Negeri Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dilakukan di SLB Negeri Wonogiri pada bulan Maret sampai bulan September tahun 2017. Subyek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dikelas IX tunagrahita dan siswa siswi kelas IX tunagrahita di SLB Negeri Wonogiri. Sedangkan informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan wali kelas IX SLB Negeri Wonogiri. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan datanya dengan trianggulasi sumber dan metode. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan guru pada siswa tunagrahita yaitu menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Proses pembelajaran dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahab perencanaan dengan membuat RPP. RPP dibuat dengan menggunakan laptop yang dilengkapi dengan sofwer pembaca layar sehingga jika ada kesalahan akan diketahui. Tahab pelaksanaan pak Wawan memberikan pembelajaran kepada siswa dan didampingi oleh wali kelas, sehingga nanti misalnya ada siswa yang tidak memperhatikan maka wali kelas akan mengingatkan siswa tersebut. Selain itu saat mencatat materi yang disampaikan pak Wawan mengetik di dalam hand phone, lalu pak Wawan akan mengirim sms kepada siswanya, selanjutnya siswa menyalin catatan ke dalam buku tulis. Lalu pada tahab evaluasi menggunakan hasil catatan siswa yang dikumpulkan kepada guru tersebut dan dinilai digunakan sebagai nilai tugas siswa, selain itu menggunakan nilai praktik. Nilai praktik didapat dengan bantuan guru lain yang mengamati saat siswa melakukan praktik wudhu. Outstanding schools serve as a place of education for children with special needs. The method used in the learning should be in accordance with the ability of the students. Educators should also have sufficient supplies and understand how to handle children with special needs. However, in SLB Negeri Wonogiri there is an educator who needs special blind experience. However, he can still teach and even taught not only tunnetra class only but also class tunagrahita. This study aims to describe the implementation of Islamic Religious Education learning in children with mental disabilities in SLB Negeri Wonogiri Lesson 2017/2018. This research uses qualitative descriptive approach done in SLB Negeri Wonogiri in March to September 2017. The subjects of this study are Islamic Religious Education Teachers in class IX tunagrahita and grade IX tunagrahita students in SLB Negeri Wonogiri. While the informant of this research is the principal and guardian of IX SLB Negeri Wonogiri. Data collection using interview method, documentation and observation. The validity of the data with triangulation of sources and methods. Further analyzed using interactive analysis method, which consists of data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study indicate that the learning process of Islamic Religious Education applied by teachers in tunagrahita students is using lecture method, question and answer and assignment. The learning process starts from the planning stage, implementation stage, and evaluation phase. Planning by making RPP. RPP is made using a laptop equipped with sofwer screen reader so that if any errors will be known. Implementation of the Wawan pack provides learning to the students and is accompanied by the homeroom teacher, so later for example there are students who do not pay attention then the homeroom will remind the student. In addition, when recording material delivered pack Wawan typing in the hand phone, then pack Wawan will send sms to students, then students copy notes into the notebook. Then on the evaluation stage using the results of student records collected to the teacher and assessed used as the value of student tasks, in addition to using practice values. The value of practice is obtained with the help of other teachers who observe when students perform ablution practice.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:32
Last Modified: 15 Mar 2018 02:32
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item