PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI SURAKARTA

Isti, Qomariyah and Dr. H., Baidi, M.Pd (2017) PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:Pelaksanaan pembelajaran PAI pada anak tunagrahita di SLB Negeri Surakarta, Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PAI pada anak tunagrahita di SLB Negeri Surakarta, Solusi pendidik dalam menghadapi hambatan pembelajaran PAI pada anak tunagrahita di SLB Negeri Surakarta.Hal ini menjadi penting karena melihat persoalan-persoalan anak tunagrahita dalam menerima pembelajaran. Pendidikan Agama Islam merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan seluruh umat manusia, namun pada realitanya tidak semua orang mampu menerima Pendidikan Agama Islam dengan cara yang sama. Salah satunya pada anak tunagrahita yang mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena anak tunagrahita memiliki intelegensi di bawah rata-rata. Sehingga dalam proses pembelajaran anak tunagrahita memerlukan pendekatan dan pembelajaran secara khusus. Terutama mengenai penyampaian dalam pembelajaran terhadap anak tunagrahita yang berbeda dengan anak normal pada umumnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Surakarta pada bulan Juli 2016 sampai dengan September 2016. Subyek adalah guru PAI. Informannya adalah kepala sekolah SLB Negeri Surakarta dan guru PAI. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi sumber. Tekhnik analisis data menggunakan interaktive model of analysis (tekhnik analisis data model interaktif) yang terdiri dari tiga komponen analisis data yaitu: reduksi data, penarikan data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang ada dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran PAI di SLB Negeri Surakarta dilaksanakan di dalam kelas. Dalam penyampaian materi guru menyesuaikan dan menyederhanakan materi sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Selain itu, guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik menggunakan bahasa yang sederhana dan dilakukan secara berulang-ulang sampai siswa benar-benar paham terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Pada hakekatnya materi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran PAI sama antara anak tunagrahita dengan anak normal, yang menjadi perbedaan adalah kondisi siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dalam pembelajaran PAI di SLB Negeri Surakarta juga terdapat faktor pendukung diantaranya adalah sarana prasarananya untuk menunjang kegiatan pembelajaran cukup lengkap. Sikap sabar dan ketelatenan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, dan perhatian guru yang lebih fokus terhadap perkembangan anak. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dan kesadaran dari orang tua murid bahwa pendidikan itu sangat penting. Selain itu dalam proses belajar mengajar tingkat kecerdasan peserta didik yang berbeda-beda juga menjadi hambatan, karena guru harus menangani anak secara individu dan membutuhkan waktu yang lama. Solusi yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut adalah memberikan penjelasan kepada wali murid mengenai perkembangan anaknya di sekolahan. Untuk menangani tingkat kecerdasan peserta didik yang berbeda-beda, pihak guru harus lebih sabar dan telaten dalam mendidik peserta didik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item