PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU HONORER DI MAN 3 SRAGEN TAHUN 2017

Irwan Bangkit, Pranata and Yayan, Andrian, S.Ag. M.Ed. Mgmt (2017) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU HONORER DI MAN 3 SRAGEN TAHUN 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah merupakan orang yang bertanggung jawab dalam hal meningkatkan profesionalitas guru tidak terkecuali honorer. Sementara profesionalitas guru honorer di MAN 3 Sragen masih rendah dikarenakan masih ada guru honorer yang datang terlambat serta ketika tidak hadir tidak memberikan tugas kepada siswa, ada juga guru honorer yang mengajar di sekolah lain sehingga tidak bisa totalitas dalam mengajar, walaupun sekarang sudah ada beberapa yang sudah bisa dikatakan berlaku profesional. Hal yang dilakukan kepala sekolah mengatasi permasalahan tersebut yaitu memberikan peringatan kepada guru yang sering telat dan ketika tidak hadir tidak memberikan tugas, sementara untuk meningkatkan kompetensi guru yang dilakukan kepala madrasah yaitu mengirim guru untuk ikut diklat.Dengan adanya peran dari kepala madrasah diharapkan profesionalitas guru honorer bisa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru honorer di MAN 3 Sragen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di MAN 3 Sragen mulai dari bulan Februari sampai Agustus 2017.Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan guru honorer. Adapun yang menjadi Informan adalah guru lain dan waka kurikulum. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan untuk teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber.Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru honorer di MAN 3 Sragen adalah sebagai berikut: a) peran sebagai educator yaitu menciptakan iklim kerja yang kondusif, b) peran sebagai manager yaitu mengirim guru untuk mengikuti diklat dan MGMP, c) peran sebagai supervisor yaitu mengamati, memantau, serta mengevaluasi kinerja guru, d) peran sebagai leader yaitu memberi teladan dan menerapkan sikap kedisiplinan kepada guru, e) peran sebagai motivator yaitu memberikan motivasi dan arahan kepada guru-guru.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item View Item