PELAKSANAAN KHITOBAH DZUHUR UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 1 BATURETNO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2017/2018

Fiqqi Maulana, Rochman and Dra. Hj., Noor Alwiyah, M.Pd (2017) PELAKSANAAN KHITOBAH DZUHUR UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 1 BATURETNO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
full skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

xiii Latar belakang penelitian ini adalah siswa belum mampu memiliki keberanian untuk menyampaikan argument atau pendapat yang dimilikinya, ketika guru memberikan pertanyaan, hanya beberapa siswa yang mau berpartisipasi dalam kelas, sedangkan mayoritas hanya diam padahal sebenarnya mereka mampu, hanya kurang yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Sedangkan masalah yang lain ialah ketika mereka diberikan tugas oleh Guru untuk mengerjakan tugas dirumah. Mereka tidak mengerjakannya di rumah namun mereka mengerjakan tugas tersebut di sekolah sebelum tugas tersebut dikumpulkan pada guru. Selain itu banyak juga terdapat siswa yang mengerjakan PR di sekolah dan mencontek pekerjaan teman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 1 Baturetno mulai bulan Maret sampai Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah penanggung jawab khitobah dzuhur dan siswa.Informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Guru Bahasa Indonesia.Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan model analisis interaktif. Analisis data dilaksanakan mulai dari penetapan masalah, pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan Menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan khitobah dzuhur untuk meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab siswa MTs Muhammadiyah 1 Baturetno dimulai dengan pretest khitobah ketika MOS (pra penyaringan khitobah dzuhur/pretest), mentoring khitobah dzuhur yang dilaksanakan setiap hari sabtu setelah KBM selesai, mentoring dilaksanakan oleh Guru Bahasa Indonesia dan Siswa Senior, praktek khitobah dzuhur dimulai dari siswa mencari judul dan materi, kemudian menyerahkan materi khitobah dua hari sebelum pelaksanaan khitobah kepada penanggung jawab Pelaksana Khitobah Dzuhur untuk dikoreksi oleh penanggung jawab pelaksana khitobah dzuhur, apabila materi khitobah dzuhur belum layak disampaikan maka materi dikembalikan kepada siswa untuk diperbaiki, setelah mendapatkan Acc dari penanggung jawab maka materi khitobah boleh disampaikan setelah disampaikan materi tersebut untuk di upluad di media sosial. , Evaluasi khitobah dzuhur dilaksanakan setelah Siswa melaksanakan Khitobah dzuhur dilanjutkan evalusia keseluruhan setiap setengah semester.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item