PENDIDIKAN TAUHID DALAM BUKU SEGENGGAM IMAN ANAK KITA KARYA MOHAMMAD FAUZIL ADHIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN SPIRITUAL ANAK

Evi Ros, Vitaningrum and Dr., Fauzi Muharom, M. Ag. (2018) PENDIDIKAN TAUHID DALAM BUKU SEGENGGAM IMAN ANAK KITA KARYA MOHAMMAD FAUZIL ADHIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN SPIRITUAL ANAK. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Tauhid dalam Buku Segenggam Iman Anak Kita Karya Mohammad Fauzil Adhim dan Relevansinya Terhadap Perkembangan Spiritual Anak. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan tauhid merupakan sarana pembentukan kepribadian banyak umat Islam mengenal agama Islam hanya yakin dan percaya bahwa Allah itu Tuhannya. Tanpa mengenal luas tentang Tauhid dan cara mengesakanNya, hanya yakin dan percaya dengan Islam tanpa adanya melaksanakan Ibadah. Buku Segenggam Iman Anak Kita Karya Mohammad Fauzil Adhim ini juga membahas cara mendidik anak berbasis tauhid untuk mengarahkan orang tua dalam membekali jiwa tauhid pada mereka sesuai dengan jenjang usianya. Konsep Pendidikan Tauhid dalam Buku Segenggam Iman Anak Kita Karya Mohammad Fauzil Adhim dan Relevansinya Terhadap Perkembangan Spiritual Anak bisa menjadi solusi bagi para pendidik karena menjelaskan secara detail mulai dari pendidikan tauhid sesuai dengan perkembangan spiritual anak hingga memberikan solusi pendidikan yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dengan membahas “Pendidikan Tauhid dan Relevansinya Terhadap Perkembangan Spiritual Anak dalam Buku Segenggam Iman Anak Kita Karya Mohammad Fauzil Adhim. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan penekanan pada pembahasan isi yang terkandung dalam buku. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan dianalisis dengan cara konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pendidikan tauhid menurut Mohammad Fauzil Adhim adalah iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab, iman kepada rasul, iman kepada hari akhir dan iman kepada takdir. Dengan membekali pendidikan tauhid pada anak meliputi membangun orientasi hidup yang jelas dengan memberikan kasih sayang, memberikan rangsangan dengan tantangan yang ada untuk berfikir, dan menumbuhkan cita-cita yang visioner. Dan bekal untuk mengasuh tauhid pada anak meliputi membekali rasa takut terhadap masa depan, takwa kepada Allah, berbicara dengan perkataan yang benar, mendisiplinkan anak dengan shalat, serta menunjukkan kesalahan anak dengan pengarahan. mengajarkan dan mendekatkan Al-Qur‟an pada diri anak, meliputi mengajarkan anak untuk membaca Al-Qur‟an, mengajarkan anak untuk menghafal Al-Qur‟an, serta mengajarkan anak untuk mengamalkan Al-Qur‟an. Membekali jiwa tauhid pada anak dengan mengenalkan Allah kepada anak, percaya terhadap takdir, iman melahirkan keteladanan Sedangkan relevansinya terhadap perkembangan spiritual anak yaitu mengalami peningkatan kemampuan kognitif, membangun harga diri, rasa ingin tahu dalam belajar. memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, dan pendisiplinan sesuai dengan jenjang usia perkembangan spiritual anak. The Concept of Tauhid Education in the Handful Book of Our Son's Faith by Mohammad Fauzil Adhim and its Relevance to the Spiritual Development of the Child. The background of this study is that education is a means of forming the personality of many Muslims know Islam is only convinced and believe that God is his God. Without widespread knowledge of Tawheed and his way of crowding, just believe and believe in Islam without any worship. The Concept of Tauhid Education in the Handbook of Our Children's Faith The work of Mohammad Fauzil Adhim and its Relevance to Spiritual Development Children can be a solution for educators because it explains in detail starting from tauhid education according to the child's spiritual development to provide the expected educational solution. This research is a library research (Library Research), by discussing "The Concept of Tauhid Education and its Relevance to Spiritual Development of Children in Handful Book of Our Children Son" Mohammad Fauzil Adhim. Data collection is done by documentation. Data analysis is done with emphasis on the discussion of the content contained in the book. Examination of data validity is done by analyzed by conceptual method. The results show that: the concept of monotheistic education according to Mohammad Fauzil Adhim is faith in God, faith in angels, faith in the book, faith to apostles, faith to the day of the end and faith to destiny. While the relevance to the spiritual development of children is experiencing an increase in cognitive abilities, build self-esteem, curiosity in learning. provide a fun learning experience, and discipline.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1509

Actions (login required)

View Item View Item