HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN KEMAMPUAN MENGELOLA PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP SE SUB RAYON 02 KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Disha Tyas, Risqiningsih (2017) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN KEMAMPUAN MENGELOLA PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP SE SUB RAYON 02 KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Full Text.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi karena banyaknya guru PAI yang masih kurang menerapkan kompetensi pedagogiknya kepada peserta didik dan lebih memproiritaskan nilai akhir yang tinggi dibandingkan hasil yang membentuk kepribadian muslim sesuai dengan tujuan mata pelajaran PAI, sehingga berpengaruh terhadap kegiatan di dalam proses kegiatan belajar mengajar. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI, (2) Untuk mengetahui kemampuan mengelola proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran PAI, (3) Untuk mengetahui ada hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan kemampuan mengelola proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran PAI di SMP Se Sub Rayon 02 Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional yang dilaksanakan di SMP wilayah Sub Rayon 02 Kabupaten Wonogiri dengan sampel sebanyak 36 guru dari populasi sebanyak 40 guru. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportionate random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa dua buah angket. Masing-masing angket terdiri dari 23dan 25 soal yang sudah diuji cobakan. Uji reliabilitas instrumen kompetensi pedagogic dan kemampuan mengelola proses kegiatan belajar mengajar menggunakan rumus alpha cronbach diperoleh rhitung (1,029) > rtabel (0,44) dan rhitung (1,026) > rtabel (0,44). Data diuji normalitasnya dengan menggunakan rumus chi kuadrat diperolah keputusan, untuk uji normalitas kompetensi pedagogic diperoleh perbandingan χ²hitung (28,8167) > χ²tabel (11,070) dan kemampan mengelola proses KBM diperoleh perbandingan χ²hitung (28,033) >χ²tabel (11,070) sehingga keduanya berdistribusi tidak normal. Data yang diuji keduanya tidak normal sehingga data dianalisis menggunakan rumus rho spearman. Hasil penelitian ini adalah: (1) kompetensi pedagogic guru PAI di SMP tergolong sedang dengan prosentase 42%. (2) kemampuan mengelola proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran PAI tergolong sedang dengan prosentasi 45%. (3) hasil korelasi rho spearman diperoleh thitung (4,77) > ttabel (1,96), maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya kompetensi pedagogik guru mempunyai hubungan positif dengan kemampuan mengelola proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran PAI. Artinya semakin tinggi kompetensi pedagogik guru, maka semakin tinggi pula kemampuan mengelola proses kegiatan belajar mengajar, dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item