PENGGUNAAN STRATEGI TEAM QUIZ DIKOLABORASIKAN DENGAN STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 06 TAWANGMANGU TAHUN AJARAN 2017/2018

Desi, Susanti and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2017) PENGGUNAAN STRATEGI TEAM QUIZ DIKOLABORASIKAN DENGAN STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 06 TAWANGMANGU TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESI FULL PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang PTK ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, dimana salah satu diantara penyebabnya adalah penggunaan metode/strategi pembelajaran yang masih kurang tepat dari guru yang bersangkutan. Salah satu alternatif yang dilakukan yaitu dengan menerapkan strategi Team Quiz dikolaborasikan dengan strategi Small Group Discussion, karena dalam strategi tersebut dapat membangkitkan semangat, melatih siswa untuk bekerja sama dengan orang lain, mendorong siswa untuk lebih aktif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi Team Quiz dikolaborasikan dengan strategi Small Group Discussion dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V di SD Negeri 06 Tawangmangu Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 06 Tawangmangu pada bulan Januari 2017 sampai Agustus 2017. Subyek penelitian yang melakukankan tindakan yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V dan subyek penelitian yang menerima tindakan yaitu siswa kelas V sejumlah 12 siswa, terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik validitas data menggunakan validitas demokratik, validitas hasil, dan validitas proses. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari hasil belajar siswa yaitu 80%, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 (tujuh puluh lima). Hasil penelitian ini adalah: dengan penggunaan strategi Team Quiz dikolaborasikan dengan strategi Small Group Discussion dapat meningkatan hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas V di SD Negeri 06 Tawangmangu tahun ajaran 2017/2018. Dibuktikan dengan hasil tes Pra siklus siswa yang tuntas dalam pembelajaran 6 dari 12 siswa atau 50% dan siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran 6 dari 12 siswa atau 50%. Pada siklus I siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 8 dari 12 siswa atau 68% dan siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran 4 dari 12 siswa atau 32%. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam pembelajaran 10 dari 12 siswa atau 84% dan siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran 2 dari 12 siswa atau 16%. Pada siklus II ketuntasan di atas 80% sehingga perbaikan pembelajaran telah berhasil. The background of this PTK is the low learning outcomes of students, where one of the causes is the method of borrowing / learning strategies that are still less precise than the teacher concerned. One alternative is done by implementing Team Quiz strategy in collaboration with Small Group Discussion Strategy, because in this case can train students to cooperate with others so that encourage students to be more active in learning. The purpose of this study is to determine the improvement of student learning outcomes in the subjects of Islamic Religious Education by using Strategy Team Quiz In Collaboration With Small Group Discussion Strategies of V student elementary school Elementary School 06 Tawangmangu academic year 2016/2017. This research is a classroom action research conducted at SD Negeri 06 Tawangmangu in January 2017 until August 2017. The research subjects that implement the action are the subject teachers of Islamic Education Class V and the subjects that receive the action are students of Votol 12 students Consisting of 3 male students and 9 female students. Data processing techniques in this study using test techniques, observation, interviews, and documentation. This research is conducted in two cycles each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The focus studied here is the result of learning of grade V SD Negeri 06 Tawangmangu. Data on student learning outcomes at. Indicator of this research achievement seen from student learning result that is 80%, student reaching minimum mask criteria (KKM) that is 75 (seventy five). The results of this research are: with the use of Team Quiz Strategy in collaboration with Small Group Discussion Strategy can increase the learning result of PAI subjects in V grade students at SD Negeri 06 Tawangmangu academic year 2017/2018. Proven with the results of the completed Pre-cycle test of students in learning 6 out of 12 students or 50% and unfinished students in learning 6 out of 12 students or 50%. In the first cycle students who complete in the learning is 8 of 12 students or 68% and students who are not complete in learning 4 of 12 students or 32%. In the second cycle of completed students in learning 10 of 12 students or 84% and students who are not completed in learning 2 of 12 students or 16%. In the second cycle of completeness above 80% for the repair has been successful.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:41
Last Modified: 14 Mar 2018 01:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item