STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN SURAKARTA SEMESTER 6 YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN, KOS, DAN RUMAH TAHUN AKADEMIK 2016/ 2017

Arif, Ahmad and Dr., Retno Wahyuningsih, S.Si., M.Pd. (2017) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN SURAKARTA SEMESTER 6 YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN, KOS, DAN RUMAH TAHUN AKADEMIK 2016/ 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta semester 6 memiliki latar belakang tempat tinggal yang berbeda-beda, yaitu pondok pesantren, kos, dan rumah. Perbedaan lingkungan ini akan mempengaruhi hasil prestasi belajar. Melalui dokumen transkip nilai, ternyata ada nilai mata kuliah bidang agama milik mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren lebih rendah dari pada mahasiswa yang tinggal di kos dan rumah. Sebaliknya, ada nilai mata kuliah bidang umum milik mahasiswa yang tinggal di kos atau rumah yang lebih rendah dari pada mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren, prestasi belajar mahasiwa yang tinggal di kos, prestasi belajar mahasiswa yang tinggal di rumah, dan ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang tinggal pondok pesantren, kos, dan rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dalam penelitian berdasarkan problema komparasi, yaitu problema untuk membandingkan dua fenomena atau lebih. Analisis yang digunakan adalah analisis komparatif yang tidak berkolerasi atau independen yaitu sampel-sampel yang ada satu sama yang lain terpisah secara tegas, artinya anggota sampel yang satu tidak menjadi anggota sampel yang lain. Penelitian ini dilakukan di IAIN Surakarta pada mahasiswa semester 6 jurusan PAI Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Data dikumpulkan melalui angket cheklist dan dokumen laporan rekapitulasi nilai mahasiswa tahun ajaran 2017/2018 Ganjil. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar prestasi belajar mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren pada kategori tinggi (3,44-3,59) dengan persentase 52%, sebagian besar prestasi belajar mahasiswa yang tinggal di kos pada kategori tinggi (3,19-3,55) dengan persentase 62,90%, dan sebagian besar prestasi belajar mahasiswa yang tinggal di rumah berada pada kategori cukup tinggi (3,35-3,52) dengan presentase 37,35%. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa berdasarkan latar belakang tempat tinggal pada 3 kelompok data dengan diperoleh F hitung (0,401) < F tabel (3,06), sehingga hipotesis nol diterima. Perhitungan uji lanjut menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara yang tinggal di pesantren dengan kos(0,01 < 0,33), signifikan antara rumah dengan kos (0,03 > 0,02), dan signifikan antara rumah dengan pesantren (0,02 < 0,03).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 600 Teknologi > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:40
Last Modified: 14 Mar 2018 01:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item