REAKTUALISASI KUTTAB DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH TAHFIDZ TINGKAT DASAR TABAROK SURAKARTA

Aisyah Dewi, Saputri and H., Abu Choir, M.A (2018) REAKTUALISASI KUTTAB DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH TAHFIDZ TINGKAT DASAR TABAROK SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak lembaga-lembaga sekolah yang berlabel pendidikan karakter, maka di Islam juga terdapat pendidikan karakter yang konsepnya jelas dan luar biasa. Karakter itu disebut sebagai karakter Iman. Pada zaman dahulu sudah berkembang lembaga pendidikan yang bernama kuttab, namun seiring berkembangnya waktu kuttab tersisihkan dengan sistem pendidikan modern. Sehingga membuat kuttab menjadi terbelakang dan gagal menjadi alur besar pendidikan karena umat Islam banyak yang meniru budaya Barat. Problem pendidikan Islam ini belum berhasil menjawab persoalan umat sehingga memunculkan gagasan-gagasan tentang perlunya pembaharuan sistem pendidikan Islam. Salah satu idenya mengembalikan pendidikan yang dahulu pernah mencapai puncak kejayaan untuk diaktualisasikan pada zaman sekarang dengan menggunakan sistem kuttab. Sekolah Tahfidz Tingkat Dasar Tabarok Surakarta merupakan lembaga yang mereaktualisasi sistem kuttab dalam aspek kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaktualisasi kuttab dalam pendidikan Islam di Sekolah Tahfidz Tingkat Dasar Tabarok Surakarta. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tahfidz Tingkat Dasar Tabarok Surakarta, tepatnya terletak di Ngemplak Rt 03 Rw 01, Kelurahan Gentan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo dimulai pada bulan Okrober- Desember 2017. Subyek dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah serta ustadz dan ustadzah di Sekolah Tahfidz Tingkat Dasar Tabarok Surakarta. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan model Interaktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa reaktualisasi kuttab dalam pendidikan Islam di Sekolah Tahfidz Tingkat Dasar Tabarok Surakarta adalah adaptif modification, yang memiliki ciri: 1) Sekolah Tahfidz Tingkat Dasar Tabarok Surakarta menjadikan kuttab sebagai cita ideal dalam pendidikan Islam, 2) Sekolah ini memodifikasi kurikulum yang bersistem kuttab dengan mengacu pada kurikulum pendidikan nasional dan Saudi Arabia, 3) Diantara contoh adaptasi dan modifikasi yang dilakukan adalah memodifikasi kurikulum yang bersistem kuttab dalam pembelajarannya yang dibedakan antara kelas Iman dan kelas Qur’an yang di inovasi dengan memakai sistem mapel KTSP 4) Di kelas Iman menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan kisah. Sedangkan di kelas Qur’an menggunakan metode model halaqoh 5) Evaluasi pembelajaran di kelas Qur’an menggunakan penilaian berbentuk sistem setoran hafalan. Sedangkan di kelas Iman evaluasinya dengan refleksi harian, absensi kehadiran dan mutabaah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:40
Last Modified: 14 Mar 2018 01:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item