STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN PADA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ahmad Putra, Wicaksono and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2017) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN PADA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I - V hampir FIKS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah guru sekolah yang bernuansa islam belum dapat membaca Al-Qur‟an dengan lancar dan benar. Sebagai salah satu lembaga dakwah dalam pendidikan, sekolah berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Ketika ada guru sekolah yang belum benar bacaan Al-Qur‟annya, maka ini merupakan tugas dan tanggung jawab kepala sekolah. Dengan keadaan tersebut kepala sekolah tidak terdiam, melainkan memiliki strategi untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur‟an pada Guru di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Agustus 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, sedangkan menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru-guru di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisa dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah bertanggung jawab atas keadaan guru sekolah yang dipimpinnya, maka kepala sekolah memiliki strategi dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur‟an di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Strategi kepala sekolah tersebut seperti pemberian motivasi kepada guru- guru tentang keutamaan, manfaat dan kemudahan membaca Al-Qur‟an. Kemudian mewajibkan setiap guru mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi membaca Al- Qur‟an setiap minggunya. Selanjutnya mewajibkan setiap guru yang mengajar jam pertama untuk membina membaca Al-Qur‟an kepada para siswanya. Secara umum kondisi kompetensi membaca Al-Qur‟an pada guru di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta ada beberapa bacaan yang perlu perhatikan lebih khusus untuk masalah makharijulnya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:40
Last Modified: 14 Mar 2018 01:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item