ANALISIS PESAN FOTO DAN TEKS AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLOYANG EFEKTIF DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DI KOTA SOLO

Sri, Hartini Dewi and Drs., Agus Wahyu Triatmo, M.Ag (2017) ANALISIS PESAN FOTO DAN TEKS AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLOYANG EFEKTIF DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DI KOTA SOLO. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Hartini Dewi (12.12.1.1.028). ANALISIS PESAN FOTO DAN TEKS AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLO YANG EFEKTIF DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DI KOTA SOLO. Skripsi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2017. Instagram menjadi media sosial yang memunculkan banyak sekali peluang untuk berbisnis bagi para penggunanya termasuk dalam mempromosikan sesuatu melalui share foto-foto produk atau jasa, dan memiliki banyak followers Instagram memudahkan konsumen melihat produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satu fungsi lain media sosial Instagram adalah melakukan promosi terkait destinasi wisata Indonesia yang dilakukan oleh akun @kulinerdisolo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiseberapa efektifkah isi pesan foto dan teks akun Instagram @kulinerdisolo dalam mempromosikan wisata kuliner di Kota Solo. Metodologipenelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode analisis isi yang bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh posting-an pada akun instagram @kulinerdisolo dari tanggal 1 Januari hingga 31 Januari 2017 berjumlah 102 foto, dengan sampel keseluruhan populasi yang ada yaitu sebanyak 102 foto. Hasil penelitian menunjukan bahwa isi pesan akun instagram @kulinerdisolo secara keseluruhan memenuhi kriteria isi pesan yang efektif. Isi pesan pada akun instagram @kulinerdisolo yang memenuhi kriteria isi pesan yang efektif sebesar 72,1 (70,7%) dan yang tidak memenuhi kriteria isi pesan yang tidak efektif sebesar 29,9 (29,3%). Subdimensi yang paling kuat pada isi pesan akun Instagram @kulinerdisolo adalah subdimensi pesan memiliki headlines. Sedangkan subdimensi yang paling lemah adalah daya tarik moral. Akun @kulinerdisolo dalam mempromosikan destinasi wisata kuliner di Kota Solo kurang memperhatikan etika islam dalam berpromosi. Dari kedua etika islam dalam berpromosi akun @kulinerdisolo kurang memenuhi kriteria, yaitu: Akun @kulinerdisolo kurang jujur karena tidak menjelaskan kekurangan dari tempat atau kuliner yang dipromosikan, dan pada kriteria mempromosikan makanan dan minuman yang baik dan halal, tidak semua posting-an akun Instagram @kulinerdisolo berisi keterangan halal. Kata kunci : Efektivitas Pesan, Instagram, Promosi, @kulinerdisolo ABSTRACT Sri Hartini Dewi (12.12.1.1.028). EFFECTIVENESS OF PHOTO MESSAGES AND INSTAGRAM ACCOUNT TEXT @KULINERDISOLO IN PROMOTING CULINARY TOURISTS IN SOLO CITY. Thesis, Department of Communication of Islamic Broadcasting. Faculty of Ushuluddin and Da'wah. State Islamic Institute of Surakarta. 2017. Instagram is a social medium that creates a lot of opportunities for doing business for its users including promoting something through sharing photos of products or services, and having many Instagram followers makes it easy for consumers to see the products or services they offer. One of Instagram's other social media functions is doing promotion related to Indonesia tourism destination conducted by @ kulinerdisolo account. The purpose of this research is to find out how effective the content of photo messages and text account Instagram @kulinerdisolo in promoting culinary tourism in Solo. This research methodology uses quantitative methodology with descriptive method of content analysis. The population of this research is all post on instagram @ kulinerdisolo account from January 1 until January 31, 2017 amounted to 102 photos, with sample of the whole population which is as many as 102 photos. The results showed that the contents of account message instagram @kulinerdisolo as a whole meet the criteria of the contents of an effective message. The contents of the message on the instagram @kulinerdisolo account that meet the criteria of effective message content of 72.1 (70.7%) and that did not meet the criteria of ineffective message content of 29.9 (29.3%). The most powerful subdimension to Instagram @kulinerdisolo account message contents is the subdimension of messages having headlines. The weakest subdimension is the moral appeal. @kulinerdisolo account on a culinary trip in the city of Solo less attention to Islamic ethics in berpromosi. Of the two types of Islam in promoting @kulinerdisolo account less meet the criteria, namely: @kulinerdisolo account is less honest because it does not explain the shortcomings of the place or culinary is promoted, and on the criteria of food and beverages are good and halal, not all Instagram post @kulinerdisolo Contains halal information. Keyword : Effectiveness of Message, Instagram, Promotion, @kulinerdisolo

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, communications, transport
300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 05 Jan 2018 06:32
Last Modified: 05 Jan 2018 06:32
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item