STRATEGI MEDIA RELATIONS HOTEL LORIN SOLO DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA

Nia, Noviana and Eny, Susilowati, S.Sos., M.Si. (2017) STRATEGI MEDIA RELATIONS HOTEL LORIN SOLO DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NIA NOVIANA. NIM. 13.12.1.1.050. Strategi Media Relations Hotel Lorin Solo dalam Mempertahankan Citra. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2017. Skripsi ini berawal dari banyaknya Hotel baru yang ada di Solo, menimbulkan persaingan di bidang perhotelan. Hal ini membuat Hotel Lorin Solo berusaha untuk mendapatkan kepercayaan publiknya. Dengan banyaknya hotel yang berada di Solo ini Hotel Lorin Solo berusaha meningkatkan informasi melalui media. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi public relations yang digunakan. Judul penelitian ini adalah “Strategi Media Relations Hotel Lorin Solo Dalam Mempertahankan Citra. Skripsi ini merupakan penelitian mengenai public relations. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi media relations yang digunakan oleh public relations Hotel Lorin Solo dalam mempertahankan citra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan yang diwawancarai adalah Public Relations Manager, Staf Marketing dan Staf Front Office Hotel Lorin Solo. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam mempertahankan citra Hotel Lorin Solo, public relations manager menggunakan strategi media relations yaitu dengan mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Public relations menjalin kerjasama dengan media seperti Solopos, Radarsolo, Joglosemar dan TATV Solo serta manjalin hubungan baik dengan media dari manapun. Selain itu kegiatan media relations yang dilakukan oleh Hotel Lorin Solo meliputi konferensi pers, press brefing, press release, special event, wawancara pers. Dengan begitu diketahui bahwa masing-masing peran sudah menjalankan fungsinya dengan baik sehingga tujuan dari keduabelah pihak dapat tercapai. Kata Kunci : Strategi, Public Relations, Media Relations, Citra ABSTRACT NIA NOVIANA. NIM. 13.12.1.1.050. Media Relation’s Strategy In Preventing Lorin Solo Hotel’s Image. A Thesis, Study Communication and Broadcasting Islamic, Ushuluddin and Dakwah Faculty. The State Islamic Institute of Surakarta, 2017. This study stars from there are many hotels in Solo, causing competition in hospitality. This makes Lorin Solo Hotels which is in Solo try to get the public’s credibility. As many hotels grow in Solo, Lorin Solo Hotel try to improving informations through media relations. This study entitled “Media Relation’s Strategy In Preventing Lorin Solo Hotels’s Image”. This study is reseach about public relation’s strategy. The purpose of the research is to know how strategy of media relations in preventing the image of the hospitality. The method used in this research is qualitative method. This type of research use a qualitative descriptive type that aims to eplain the phenomenon. The data are acquired by observations, interview and documentation. While the informant interviewed were public relations manager, marketing staff and front office staff in the Hotel Lorin Solo. The result of this study can be concluded that in maintaining the image of the Hotel Lorin Solo, public relations using media relations strategies that manage relationships, develop strategies and develop network. Public Relations are having good relations with media as Solopos, Radarsolo, Joglosemar and TATV Solo and then having good relations with all media from anywhere. Other than that activities is conducted are konferensi pers, press brefing, press release, special event, wawancara pers. So, it is known that each role has performed its function well so that the purpose of both parties can be achieved. Keyword : Strategy, Public Relations, Media Relations, Image

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 600 Teknologi > 605 Serial publications
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 05 Jan 2018 06:30
Last Modified: 05 Jan 2018 06:30
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1399

Actions (login required)

View Item View Item