STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA HALAL TOURISM DI SYARIAH HOTEL SOLO

Diana, Setyawati and Dr., Muhammad Fahmi, M.Si. (2017) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA HALAL TOURISM DI SYARIAH HOTEL SOLO. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK DIANA SETYAWATI, NIM : 13.12.11.025. Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Halal Tourism Di Syariah Hotel Solo. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2017. Skripsi ini berawal dari Syariah Hotel Solo yang mendapatkan Nominator Anugrah Pariwisata Halal pada tahun 2016. Nominator atau penghargaan yang didapat berupa penghargaan jenis usaha yang menerapkan prinsip – prinsip Islam. Banyaknya hotel yang ada di Solo, menimbulkan persaingan di bidang perhotelan. Hal ini membuat Syariah Hotel Solo dengan hotel yang lain berlomba untuk mendapatkan kepercayaan publik. Dengan banyaknya Hotel yang ada di Solo membuat pihak Hotel selalu melaukan inovasi dan meningkatkan mutu sumber daya manusia untuk mempertahankan citra perusahaan khususnya citra halal tourism di syariah hotel solo. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi public relations yang digunakan. Judul penelitian ini adalah “Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Halal Tourism Di Syariah Hotel Solo”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu dengan melakukan penelitian langsung, melakukan observasi secara mendalam, serta menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah Citra Halal Tourism di Syariah Hotel Solo yang sudah positif dapat tetap dipertahankan. Public relations syariah hotel solo semakin gencar melakukan kegiatan yang digunakan dalam mempertahankan citra. Strategi yang dilakukan oleh public relations adalah dengan human relations, community relations, serta media relations. Public relations menjalin hubungan dengan berbagai kalangan. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan citra, disamping itu hubungan yang baik disemua kalangan akan membawa citra positif perusahaan. Kegiatan tersebut berupa kegiatan eksternal dan internal. Kegiatan eksternal berupa hubungan dengan masyarakat sekitar hotel, hubungan dengan media dan komunitas yang ada di solo. Kegiatan internalnya berupa menjaga hubungan sesama karyawan, meningkatkan tentang ilmu keagamaan yang setiap satu bulan sekali diadakan pengajian dan qataman al-quran, hal ini bertujuan untuk meningkatkan keilmuan di bidang keagamaan pada setiap karyawan guna mempertahankan citra halal tourism di syariah hotel solo. Kata kunci : Strategi Public Relations, Citra, Halal Tourism Syariah Hotel Solo. ABSTRACT DIANA SETYAWATI, NIM : 13.12.11.025. Public Relation Strategy In Maintaining Halal Tourism Image In Syariah Hotel Solo, A Thesis, Study Communication and Broadcasting Islamic, Faculty Of Islamic Theology and Preaching. State Islamic Institute of Surakarta. 2017. This Thesis is conducted because Syariah Hotel Solo won Award Nominator of Halal Tourism in 2016. The nominator or award gained is an award of business which applies Islamic principles. There are many hotels in Solo which cause a tough competition in hotel industry. Syariah Hotel Solo, no exception , has to compete with other hotels to win public trust. Therefore, to meet this challenge, Syariah Hotel Solo tries to create some innovations and increase the quality of human resource to maintain the image of the company, especially in halal tourism image. Hence, the writer is interested in observing what strategies of public relation are used in this company. The aim of this research is to understand what public relation strategies are used to maintain halal tourism image in Syariah Hotel Solo. This study is based on a qualitative research by using descriptive method that is conducted by direct research and complete observation to describe and present facts on the field. The result of this research is that Halal Tourism Image of Syariah Hotel Solo can be positively maintained. The Public Relation of Syariah Hotel Solo incessantly conducts some efforts or activities to maintain this image. Strategies used by Public Relation are human relations, community relations and media relations. To maintain its positive image in public, Public Relation of Syariah Hotel Solo creates good relations with many public circles. The activities done by public relation are divided into external and internal ones. The external activities include the relation between hotel and the surrounding society, relation with media and relation with communities in Solo. Where as, the internal activities include the maintenance of relation among its employees, and increasing religious insights of its employees by conducting some religious activities so they can maintain or even improve its Halal Tourism image in Syariah Hotel Solo. Key words : Public Relations Strategies, Halal Tourism Image, Syariah Hotel Solo.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, communications, transport
300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, communications, transport > 383 Postal communication
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 05 Jan 2018 06:29
Last Modified: 05 Jan 2018 06:29
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item