BIMBINGAN KARAKTER ANAK JALANAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TAWANGAMANGU

Dian, Nur Rohmi and Dr., Imam Mujahid, M. Pd. (2017) BIMBINGAN KARAKTER ANAK JALANAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK TAWANGAMANGU. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dian Nur Rohmi (13.12.21.019). Bimbingan Karakter Anak Jalanan Di Panti Pelayanan Sosial Anak Tawangmangu. Skripsi. Jurusan Bimbingan Dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.2017. Kata Kunci : Bimbingan Karakter, Anak Jalanan Latar belakang penelitian adalah karakter pada anak dipengaruhi oleh keluarga, lingkungan sekitar. Karakter yang buruk menjadi salah satu faktor anak terjun kejalan menjadi anak jalanan. Kondisi ini sangat mempengaruhi perkembangan moral generasi penerus bangsa, karena anak dibawah usia 22 tahun sudah terjun kejalan hidup bebas dan liar. Salah satu tindakan pemerintah untuk menangani anak jalanan adalah salah satunya dengan adanya Panti Pelayanan Sosial Anak. Maka dengan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui proses bimbingan karakter anak jalanan di Panti Pelayanan Sosial Anak Tawangmangu. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini di Panti Pelayanan Sosial Anak Tawangmangu yang dilaksanakan dari tanggal 27 Juli sampai Agustus 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 pembimbing karakter anak yaitu Pekerja Sosial PPSA dan 2 PM anak jalanan. Disamping itu penulis menggunakan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data dan data dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Panti Pelayanan Sosial Tawangmangu menggunakan pembimbingan untuk mengembangkan karakter pada anak jalanan. Adapun karakter yang dikembangkan adalah Disiplin, Bertanggung Jawab, Jiwa Pemimpin, Mandiri, Sopan santun, Religius dan peduli terhadap lingkungan maupun sosial. Untuk proses pelaksanaanya yaitu melalui tahap input, identifikasi masalah, tahap pemberian arahan dan bimbingan, monitoring, bimbingan individu dan kelompok, CC (Case Convrense), evaluasi, output. Faktor pendukung dari bimbingan karakter adalah adanya pembinaan karakter dari Kapolsek Tawangmangu dan Rindam IV Magelang serta adanya keterkaitan antara bimbingan karakter dengan bimbingan yang lainnya. Sedangkan faktor penghambat adalah nomenklatur anak jalanan yang berbeda-beda dan waktu bimbingan enam bulan belum mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 05 Jan 2018 06:29
Last Modified: 05 Jan 2018 06:29
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1381

Actions (login required)

View Item View Item