IMPLEMENTASI SPIRITUALISASI PEMBELAJARAN DI SMP AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Shela, Dari Nur Fatimah and Dr., Fauzi Muharom, M. Ag. (2017) IMPLEMENTASI SPIRITUALISASI PEMBELAJARAN DI SMP AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
full teks.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Shela Dari Nur Fatimah, 2017, Implementasi SpiritualisasiPembelajaran di SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Fauzi Muharom, M.Ag. Kata Kunci : Spiritualisasi, Pembelajaran, SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo. Urgensi pendidikan bagi manusia adalah agar fitrah keimanan manusia semakin kuat. Salah satu cara agar pendidikan dapat menguatkan iman adalah dengan menyisipkan nilai-nilai keislaman dalam setiap pembelajaran. Akan tetapi banyak lembaga pendidikan yang tidak menerapkan hal ini. Memisahkan antara ilmu umum dengan ilmu agama dapat menjadikan manusia lupa akan tujuan dari penciptaan yakni beribadah kepada Allah. Menyisipkan nilai Islam dalam mata pelajaran umum diharapkan dapat membangun jiwa intelektual yang Islami. Menyisipkan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran disebut dengan istilah spiritualisasi. Salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan spiritualisasi adalah SMP Al-AzharSyifa Budi Solo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi spiritualisasi pembelajaran di SMP Al-Azhar Syifa Budi Solo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Biologi, fisika, geografi dan ekonomi. Sedangkan informan adalah waka kurikulum dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pemeriksaan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Penelitian dilaksanakan dari bulan Mei hingga Juni 2017. Hasil dari penelitian yang dilakukan tentang implementasi spiritualisasi, adalah tahap persiapan materi spiritualisasi dan tahap pelaksanaan spiritualisasi. Tahap persiapan materi dilakukan dengan cara guru mengaitkan materi dengan ayat al-Quran, baik yang tersirat maupun tersurat, dikaitkan dengan hadis dan asmaul husna. Tahap pelaksanaan spiritualisasi dilakukan dengan menerapkan tujuh langkah efektif yang dibagi menjadi pembuka pembelajaran, inti pembelajaran dan penutup pembelajaran. Pembuka pembelajaran, pertama adalah pembentukan atmosfer dilakukan dengan menyambut siswa setiap pagi, salam senyum ketika masuk kelas. Kedua, pembentukan iklim dengan memberikan tausyiah, motivasi dan sharing dengan siswa. Ketiga, pemilihan memori dengan mengingatkan pada materi sebelumnya dan pretest. Keempat, penentuan sasaran yakni menjelaskan tujuan pembelajaran. Inti pembelajaran terdapat pada langkah kelima yakni penyajian. Materi yang disampaikan dikaitkan dengan al-Quran, hadis maupun asmaul husna. Penutup terdapat pada langkah keenam yakni penguatan, mengulang kembali spiritualisasi pembelajaran. Ketujuh, penerapan dilakukan dengan mewarnai seluruh kegiatan pembelajaran dengan nilai islam.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 07:41
Last Modified: 03 Jan 2018 07:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item