PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA USIA LANJUT DENGAN BUKU “7 ½ JAM BISA MEMBACA AL-QUR’AN METODE TSAQIFA” DI DUKUH SUMBERAGUNG BULU SUKOHARJO TAHUN 2017

Ristyana, Apri Rahmawati and H., Shofwan Anwar Abdul Rauf, M.A. (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA USIA LANJUT DENGAN BUKU “7 ½ JAM BISA MEMBACA AL-QUR’AN METODE TSAQIFA” DI DUKUH SUMBERAGUNG BULU SUKOHARJO TAHUN 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ristyana Apri Rahmawati, 2017, Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an pada Usia Lanjut dengan Buku “7 ½ Jam Bisa Membaca Al-Qur‟an” di Dukuh Sumberagung Bulu Sukoharjo Tahun 2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: H. Shofwan Anwar Abdul Rauf, M.A Kata Kunci: Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an, Usia Lanjut, dan Buku “7 ½ Jam Bisa Membaca Al-Qur‟an” Saat ini banyak lanjut usia yang selalu taat menjalankan ibadah sholat 5 waktu, namun tidak bisa membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Bacaan sholatnya hanya sekedar hafalan saja. Seharusnya, semakin mereka berumur semakin mereka bisa membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Namun kenyataannya bahwa masih banyak lanjut usia yang tidak bisa membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar bahkan buta huruf Arab. Maka dari itu saat ini telah banyak buku pegangan yang dapat memudahkan para lanjut usia untuk bisa membaca Al-Qur‟an. Salah satu buku pegangan yang dapat memudahkan para lanjut usia yaitu buku “7 ½ Jam Bisa Membaca Al-Qur‟an”, yang disajikan secara praktis dan simpel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur‟an pada usia lanjut dengan buku “7 ½ Jam Bisa Membaca Al-Qur‟an” di dukuh Sumberagung Tahun 2017 dan apa saja kendala dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di Mushola Nurul Hikmah Sumberagung Bulu Sukoharjo pada bulan Januari - Mei 2017. Subjek penelitian ini adalah ustadz Hardi selaku pengajar di Mushola tersebut. Sedangkan informannya yaitu Takmir Mushola Nurul Hikmah dan santri lanjut usia pembelajaran membaca Al-Qur‟an. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dilaksanakan setiap hari Minggu pada saat ba‟da Maghrib sampai waktu masuk sholat Isya‟ yang terdiri dari 28 santri lanjut usia. Pembelajaran dilaksanakan secara klasikal atau bersama-sama. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu: pertama, pembukaan. Ustadz mengucap salam dan membaca al-fatihah bersama-sama. Kedua, kegiatan inti. Ustadz menambah materi dengan menuliskan huruf hijaiyah di papan tulis kemudian ustadz menjelaskan bagaimana pengucapan hurufnya. Jika sudah paham maka ustadz melanjutkan menjelaskan bentuk huruf hijaiyah dan perubahannya. Ketiga, penutup. Ustadz dan para santri lanjut usia mengucap hamdalah bersama-sama dan diakhiri dengan Ustadz mengucapkan salam. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode ceramah, tanya jawab, dan metode drill. Adapun evaluasi yang digunakan ustadz adalah evaluasi harian, tetapi tidak tertulis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 374 Adult education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 07:41
Last Modified: 03 Jan 2018 07:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item