MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MA AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Rista, Oktafilasari and Dr., Fauzi Muharom, M. Ag. (2017) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MA AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Rista Oktafilasari, Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Kelas X-1 Agama Di MA Al-Ma'had An-Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Surakarta Pembimbing : Dr. Fauzi Muharom, M.Ag Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an biasanya terdapat di pendidikan non formal (pondok pesantren) yang notabenenya tidak hanya belajar kitab kuning melainkan juga Tahfidz Al-Qur’an. Di pendidikan formal seperti di MA Al-Ma’had An-Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta memiliki ciri khas khusus yaitu pada jurusan MAK yang di dalamnya terdapat pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an yang memberikan target Tahfidz Al-Qur’an delapan juz dalam waktu satu tahun. Hal ini dapat menjadi salah satu motivasi siswa untuk mengkhatamkan hingga 30 juz ketika lulus dari madrasah. Tentu saja penentuan target, berkaitan erat dengan pengelolaan atau manajemen. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MA Al-Ma’had An-Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilakukan di MA Al-Ma'had An-Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta pada bulan April 2017 sampai dengan Juli 2017. Subyek penelitian ini adalah guru Tahfidz Al-Qur’an kelas X didukung informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum koordinator Tahfidz Al-Qur’an di MA Al-Ma'had An-Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode, selanjutnya dianalisis dengan model interaktif dengan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MA Al-Ma'had An-Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta adalah: (1) Perencanaan pembelajaran, guru membuat daftar target Tahfidz Al-Qur’an diantaranya membuat promes dan prota yang disetujui oleh kepala madrasah (2) Pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode ngeloh, patneran, mudarosah dan glondongan, (3) dalam evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an guru menggunakan bentuk tes formatif berupa kartu sorogan dan bentuk tes sumatif menggunakan metode glondongan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 371 School management; special education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 03 Jan 2018 07:41
Last Modified: 03 Jan 2018 07:41
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item